Pengaruh media tangram geometri terhadap kemampuan visual spasial siswa MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiyah, Nurul (2024) Pengaruh media tangram geometri terhadap kemampuan visual spasial siswa MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabayah.

[img] Text
Nurul Alfiyah_06020720042.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nurul Alfiyah_06020720042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masalah pada siswa yang merasa bosan, kurang antusias, dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran matematika, dimana hal tersebut membuat siswa tidak dapat memiliki kemampuan visual spasial. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan visual spasial siswa kelas II dengan menggunakan media Tangram Geometri. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penggunaan media Tangram Geometri terhadap kemampuan visual spasial siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif tipe ekspose facto studi kasus dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk soal seputar Tangram Geometri. Teknik uji instrumen tes menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji independent sample t-test dan uji koefisien determinasi. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest sbesar 66,111 dan posttest sebesar 81,481 dengan peningkatan 15,37, sedagkan dikelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 59,815 dan posttest sebesar 65,833 dengan peningkatan sebesar 6,018. Sementara hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > dan hasil uji koefesien determinasi sebesar 0,416 artinya pembelajaran menggunkan media Tangram Geometri berpengaruh sebesar 41,6% terhadap kemampuan visual spasial siswa dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dapat pada penelitian ini. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media Tangram Geometri pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan visual spasil siswa dalam menyelesaikan soal seputar media Tangram Geometri kelas II MIN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiyah, Nurulalfiyahnurul578@gmail.com06020720042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Matematika
Keywords: Media tangram geometri; visual spasial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Alfiyah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:39
Last Modified: 10 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71569

Actions (login required)

View Item View Item