Makna singo mengkok yang terdapat pada gamelan Sunan Drajat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nur Fitriyani (2024) Makna singo mengkok yang terdapat pada gamelan Sunan Drajat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitriyani Sholihah_03020220060 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nur Fitriyani Sholihah_03020220060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga fokus utama, yaitu: (1) Bagaimana biografi Sunan Drajat? (2) Bagaimana Perkembangan Gamelan Hingga Masa Sunan Drajat? (3) Bagaimana Fungsi dan makna gamelan Singo Mengkok? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi yang bertujuan untuk menganalisis dan memahami makna yang terkandung mulai dari aspek sosial sampai sprititual. Penelitian ini memakai teori kebudayaan menurut Koentjaraningrat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Sunan Drajat merupakan putra dari Raden Ali Rahmatullah dengan Nyai Ageng Manila. Lahir pada tahun 1470 M dan wafat pada tahun 1522 M. (2) Perkembangan gamelan di Nusantara dipengaruhi oleh perdagangan dan agama Hindu/Buddha dari India dan Cina. Setiap instrumen gamelan, termasuk gong, kendang, saron, bonang, dan gambang, memiliki sejarah yang tercatat dalam relief candi sejak abad ke-9 hingga ke-13 Masehi. Alat musik gamelan mengalami perubahan budaya yang dipengaruhi oleh kepercayaan Hindu-Buddha, kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Walisongo dalam konteks tradisi Islam. (3) Gamelan Singo Mengkok digunakan sebagai media dakwah Sunan Drajat dalam menyebarkan agama Islam. Singo Mengkok mempunyai makna yang beragam, yakni sebagai lambang kearifan, kehalusan, dan kemampuan melawan hawa nafsu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nur Fitriyaninftriani.s@gmail.com03020220060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Antropologi Budaya
Sejarah > Sejarah Indonesia
Kebudayaan Jawa
Keywords: Singo Mengkok; gamelan; Sunan Drajat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nur Fitriyani Sholihah
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:24
Last Modified: 15 Jul 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71588

Actions (login required)

View Item View Item