Makna Islam damai pada kanal youtube @ustadzah Halimah Alaydrus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haqiqiyah, Faza Izzatul (2024) Makna Islam damai pada kanal youtube @ustadzah Halimah Alaydrus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faza Izzatul Haqiqiyah_07020220025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Faza Izzatul Haqiqiyah_07020220025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi dalam mempelajari perkembangan teknologi dan media sosial yang telah memberi kemudahan bagi pendakwah untuk menyebarkan pesan keagamaan, seperti akhlak, aqidah, dan tauhid. Salah satu topik yang sering diangkat adalah pentingnya menciptakan perdamaian di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna Islam damai menurut Ustadzah Halimah Alaydrus melalui kanal YouTubenya. Penelitian ini termasuk jenis digital research dengan menggunakan pendekatan content analysis. Sumber data berasal dari dokumentasi, data online, serta observasi di YouTube dan web Ustadzah Halimah Alaydrus, yang kemudian diteliti menggunakan beberapa teori dari berbagai penulis atau ahli tentang Islam dan perdamaian dan juga nilai-nilai perdamaian dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya menghargai perbedaan pendapat, memiliki sikap toleransi, berbuat baik, dan memperlakukan sesama manusia dengan hormat tanpa memandang derajat. Yang terpenting adalah mempertahankan takwa kepada Allah SWT. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menekankan bahwa perdamaian harus dimulai dari dalam diri terlebih dahulu, melalui pemahaman dan pengamalan tauhid. Dengan menumbuhkan jiwa yang damai dan ketakwaan, individu akan lebih mudah menghadapi tantangan dan berupaya mencari solusi terbaik, sehingga mendorong terciptanya harmonisasi di masyarakat. Dan Islam damai menurut Ustadzah Halimah Alaydrus berpusat pada penguatan aqidah dan akhlak mulia, yang akan menciptakan pribadi-pribadi Muslim yang toleran, saling menghargai, dan senantiasa berbuat kebajikan demi mencapai keharmonisan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haqiqiyah, Faza Izzatul07020220025@studdent.uinsby.ac.id07020220025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFeriyani, Umi Rosidahferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Keywords: Islam damai; YouTube; Ustadzah Halimah Alaydrus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: faza haqiqiyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:16
Last Modified: 15 Jul 2024 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71599

Actions (login required)

View Item View Item