Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas V Nasution di MIN 10 Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taula, Dyah Ayu (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas V Nasution di MIN 10 Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ayu Taula_D97218081.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Dyah Ayu Taula_D97218081_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena keterampilan kerjasama siswa dalam kegiatan pembelajaran kooperatif masih kurang. Hal ini disebabkan siswa cenderung bersikap individualis dan enggan bekerjasama dengan teman yang bukan teman sepermainannya. Untuk itu peneliti melakukan usaha perbaikan denggan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini dapat meningkatkan kerjasama siswa. Tujuan dari penelitian ini :1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas V Nasution di MIN 10 Blitar. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V Nasution di MIN 10 Blitar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart. Dalam penelitiannya terdapat dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, perlakuan, pengamtan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri pedoman observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi aktivitas guru, pedoman observasi keterampilan kerjasama siswa dan lembar observasi keterampilan kerjasama siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Nasution di MIN 10 Blitar yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh nilai sebesar 60 (Cukup Baik) yang kemudian meningkat sebesar 20,67 di siklus 2 menjadi 80,67 (Baik)). Kemudian pada hasil observasi aktivitas siswa siklus 1 memperoleh nilai 61,33 (Cukup Baik) lalu meningkat di siklus 2 sebesar 16,67 menjadi 78 (Baik). Pada hasil observasi keterampilan kerjasama siswa siklus 1 memperoleh nilai persentase sebesar 59,38% (Cukup) kemudian di siklus 2 terjadi peningkatkan nilai persentase sebesar 19,08% menjadi 78,46% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taula, Dyah Ayuadyah7954@gmail.comD97218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pembelajaran kooperatif; TGT; keterampilan kerjasama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dyah Ayu Taula
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:19
Last Modified: 10 Jul 2024 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71618

Actions (login required)

View Item View Item