This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khumaidah, Umrotul (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEBAT PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AKHLAQ GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada materi lingkungan yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik pada kelas V belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia. Dalam hal ini
siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna. Untuk menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanakan Metode Debat melalui penelitin tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia pada siswa
MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik sebelum diterapkan metode Debat ? 2. Bagaimana penerapan metode Debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik ? 3. Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik melalui metode Debat ?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu
model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar.
Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode Debat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas
belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 71,9% sedangkan ketuntasan tes lisan siklus II sebesar 86,3%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Kemampuan Berbicara; Bahasa Indonesia; Metode Debat | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | umrotul khumaidah | ||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 07:49 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 07:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7165 |
Actions (login required)
View Item |