Pengaruh good corporate governance (GCG) dan firm size terhadap firm value dengan sustainability reporting sebagai variabel intervening pada sektor manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Demak, Aisyah Widhah Azzahra Kiyai (2023) Pengaruh good corporate governance (GCG) dan firm size terhadap firm value dengan sustainability reporting sebagai variabel intervening pada sektor manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Widhah Azzahra Kiyai Demak_G02219002 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aisyah Widhah Azzahra Kiyai Demak_G02219002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi terus mengalami naik turun bersamaan dengan berjalannya waktu, ditandai dengan adanya fenomena yang tidak dapat dicegah seperti covid-19, menjadikan perekonomian mengalami kondisi yang tidak stabil. Dengan demikian, perusahaan perlu melakukan pergerakan dalam menjaga kepercayaan investor dan kestabilan nilai perusahaannya, karena nilai perusahaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perspektif para investor terhadap suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Peneliti menggunakan data sekunder dengan menganalisis data laporan keuangan tahunan dan sustainability reporting perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Data diambil dari website perusahaan dan website BEI. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dari 238 perusahaan pada sektor manufaktur diperoleh 15 perusahaan yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kepemilikan Manajerial, Firm Size, dan Sustainability Report berpengaruh secara signifikan terhadap Firm Value. Sedangkan Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Firm Value. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Firm Size tidak berpengaruh terhadap Sustainability Report. Kepemilikan Institusional memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap Firm Value melalui Sustainability Report. Kepemilikan Manajerial dan Firm Size tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap Firm Value melalui Sustainability Report. Saran yang dapat diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian dan keterbatasan adalah penelitian selanjutnya disarankan untuk mengambil sampel pada laporan keuangan yang menggunakan mata uang rupiah maupun mata uang asing. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat menambah jumlah variabel dependen. Sehingga, dengan menambah variabel akan dapat menemukan informasi baru mengenai variabel apa saja yang dapat mempengaruhi Firm Value. Diharapkan bagi para calon investor agar lebih selektif lagi dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan tempat berinvestasi. Salah satu pertimbangan yang bisa diambil dari penelitian ini yaitu memperhatikan GCG yakni Kepemulikan Manajerial, Firm Size, Sustainability Report, dan Firm Value.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Demak, Aisyah Widhah Azzahra Kiyaiicawaisyah@gmail.comG02219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Bursa Saham
Keuangan
Keywords: Good Corporate Governance (GCG); Firm Size; Firm Value; dan Sustainability Report.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aisyah Widhah Azzahra Kiyai Demak
Date Deposited: 17 Jul 2024 00:51
Last Modified: 17 Jul 2024 00:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71669

Actions (login required)

View Item View Item