Takwa dalam al-Qur'an: analisis teori semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Aulia Ferlinda Windi (2024) Takwa dalam al-Qur'an: analisis teori semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Ferlinda Windi Lestari_07030320089 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aulia Ferlinda Windi Lestari_07030320089 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Takwa ialah modal pokok bagi setiap muslim yang menjadi kontrol serta bekal terbaik dalam menjamin keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia hingga akhirat. Al-Qur’an memperkenalkan konsep muttaqin sebagai identitas yang spesial dan istimewa dalam agama Islam. Kata takwa sudah sangat familiar di kalangan muslim penjuru dunia. Namun banyak dari seorang muslim memberikan pemaknaan sempit ketika memaknai kata takwa hanya sebatas taat kepada Allah swt. Padahal takwa tidak hanya kepatuhan seorang hamba kepada Tuhannya secara individual melainkan mencangkup interaksi terhadap sesama manusia. Dengan demikian, penelitian ini memfokuskan pembahasan hanya pada ayat-ayat tentang karakteristik takwa dalam al-Qur’an surah Al-Baqarah: 177, ‘Ali ‘Imran: 102, Al-Tawbah: 109 dan Al-Hujurat: 13 dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah: 1) Bagaimana makna denotasi kata takwa dalam al-Qur’an? 2) Bagaimana makna konotasi kata takwa dalam al-Qur’an? 3) Bagaimana makna mitos takwa dalam al-Qur’an? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan (library research) menggunakan metode deskriptif dan pendekatan interdisipliner antara tafsir dan semiotika. Dengan pendekatan gabungan ini, akan menggali makna denotasi, konotasi dan mitos dibalik sebuah ayat takwa dalam al-Qur’an. Penelitian ini memperoleh tiga hasil, yaitu: 1) Makna denotasi takwa dalam al-Qur’an: Pertama, orang yang bertakwa ialah orang yang memahami makna iman yang sebenarnya sekaligus mengamalkan semua aspek kebajikan. Kedua, Allah memerintahkan untuk bertakwa kepada Nya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuan. Ketiga, kualitas takwa menjadikan sesorang mulia di sisi Allah bukan, keturunan dan kekayaan yang dimiliki. Keempat, bangunan (masjid) yang didirikan atas dasar ketakwaan kepada Allah dan keridhaan Nya itu lebih baik dan lebih kokoh. 2) Makna konotasi takwa dalam al-Qur’an: Pertama, standar kebajikan bukan ditentukan oleh arah kiblat, akan tetapi ketaatan yang mengantarkan kepada Allah. Kedua, orang mukmin diperintahkan untuk taat kepada Allah dengan semaksimal mungkin berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Ketiga, kriteria kemuliaan yang sesungguhnya ialah ketakwaan kepada Allah tanpa melihat asal usul dan status sosial. Keempat, sebuah bangunan atau perbuatan yang berlandaskan ketakwaan kepada Allah tidaklah sama dengan bangunan yang didirikan tanpa ada landasan takwa 3) Makna mitos takwa dalam al-Qur’an: Pertama, esensi terpenting dalam ajaran Islam terletak pada aspek keimanan dan ketakwaan bukan pada arah kiblat. Kedua, puncak ketakwaan seorang mukmin sejati ialah patuh terhadap perintah Allah serta beramal shaleh. Ketiga, ketakwaan yang sangat tinggi dapat melahirkan sikap toleran dan inklusif yang membuat seorang muttaqin mulia di sisi Allah. Keempat, perbedaan konsep bangunan ibadah yang berlandaskan ketakwaan kepada Allah dengan tempat ibadah yang didirikan atas dasar kekufuran dan kemunafikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Aulia Ferlinda Windiauliaferlinda20@gmail.com07030320089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Takwa; al-Qur’an; semiotika; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aulia Ferlinda Windi Lestari
Date Deposited: 14 Jul 2024 07:30
Last Modified: 14 Jul 2024 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71675

Actions (login required)

View Item View Item