Kekuatan doa dalam mengatasi social anxiety disorder: kajian ma’anil al-hadith riwayat Abu Dawud nomor 1541 dengan pendekatan interpersonal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aviva, Rohma (2024) Kekuatan doa dalam mengatasi social anxiety disorder: kajian ma’anil al-hadith riwayat Abu Dawud nomor 1541 dengan pendekatan interpersonal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Rohma Aviva_07020520061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Rohma Aviva_07020520061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Era modern sekarang terdapat banyak seseorang mengalami gangguan mental. Salah satunya yaitu kecemasan Sosial ini kita bisa sebut Social Anxiety. Pada zaman rasullulllah beliau pasti pernah mengalami kecemasan. Tetapi dapat mengatasi tersebut dengan doa. Doa juga merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sebagaimana dalam hadis sudah dijelaskan Rasulullah yakni pada Riwayat Abu> Da>wud no 1541 Rasulullah bersabda Allahumma Inni> A’u>dzubika Minal ‘Ajzi Wal Kasali Wal Jubni Wal Buh}li Wal Harami Wa A’u>dzubika min ‘’Adza>bil Qabri Wa A’u>dzubika Min Fitnatil Mah}ya> Wal Mama>t. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat penakut, sifat kikir, serta dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian”. Nabi Muhammad Saw berdoa dalam sebuah hadis, pasti ada makna yang terkandung di dalamnya. Research Question pada penelitian ini adalah bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis Riwayat Abu> Da>wud?, Bagaimana Pemaknaan dalam memahami hadis ini, dan bagaimana mengimplementasikan doa yang terkandung dalam hadis tersebut saat mengatasi Social Anxiety? Pada penelitian ini berusaha mengkorelasikan antara ketiganya, yaitu Kekuatan doa dalam Mengatasi Social Anxiety Disorder dengan pendekatan Interpersonal. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dan model peneltian gabungan antara library research dan field research. Metode yang digunakan yakni Analisis deskriptif. Data diperoleh dari kepustakaan yang terkait dengan pembahasan juga hasil dari wawancara terhadap beberapa informan. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan utama. Pertama, mengungkap kualitas dan kehujjahan hadis riwayat Sunan Abu> Da>wud no 1541. Kedua, memahami pemaknaan hadis dengan teori Ma’a>ni al-H}adi>ts. Ketiga, mengetahui Implementasi Kekuatan doa dalam mengatasi Social Anxiety Disorder dengan pendekatan Interpersonal. Hasil penelitian dilakukan terhadap beberapa informan membuktikan bahwa terdapat manfaat kesehatan psikis dengan doa. Manfaat yang diperoleh dilihat dari aspek psikis seperti: hati dan pikiran tenang, nyaman, dan bahagia. Adapun kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yakni hadis tentang kekuatan doa dalam mengatasi social Anxiety Disorder riwayat Sunan Abu> Da>wud no 1541 berstatus shahih lidzatihi dan dapat diamalkan (ma’mul bih). Berikutnya, pemaknaan hadis yakni seseorang yang berdoa senantiasa teringat dengan rahmat Allah. Doa juga memberi dampak positif. Dampak inilah yang bisa memberikan sesuatu yang positif pada kehidupan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aviva, Rohmarohmaaviva235@gmail.com07020520061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Hadis
Keywords: Sunan Abu Dawud; kekuatan doa; social anxiety disorder; pendekatan interpersonal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rohma Aviva
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:58
Last Modified: 17 Jul 2024 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71731

Actions (login required)

View Item View Item