Peran kepemimpinan kepala seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren dalam pengelolaan sumber daya manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihin, Suci Faradiba (2024) Peran kepemimpinan kepala seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren dalam pengelolaan sumber daya manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Faradiba Solihin_06020320052 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Suci Faradiba Solihin_06020320052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Kepemimpinan Kepala Seksi PD Pontren dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepemimpinan kepala seksi di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan, bagaimana pengelolaan sumber daya manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan pada seksi PD Pontren, bagaimana peran kepemimpinan kepala seksi PD Pontren dalam pengelolaan sumber daya manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi PD Pontren, Staf Seksi PD Pontren, Pengguna Layanan Seksi PD Pontren, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam. Objek penelitian ini adalah peran kepemimpinan kepala seksi PD Pontren dalam pengelolaan sumber daya manusia di Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Adapun permasalahan yang peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala seksi PD Pontren di Kemenag Kabupaten Bangkalan? 2) Bagaimana pengelolaan sumber daya manusia di Kemenag Kabupaten Bangkalan pada seksi PD Pontren? 3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala seksi PD Pontren dalam pengelolaan sumber daya manusia di Kemenag Kabupaten Bangkalan? Hasil akhir dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa: 1) peran kepemimpinannya kepala seksi PD Pontren melakukan penetapan tujuan, mengembangkan potensi diri, memberikan arahan kepada staf, dapat mengelola tim, membawa perubahan baik, menyusun perencanaan dan pengembangan program, melaksanakan kebijakan lembaga, menjaga serta menciptakan komunikasi dan hubungan baik, melakukan pengawasan, dan mengevaluasi kinerja, 2) pengelolaan sumber daya manusia seksi PD Pontren di mulai dengan menyusun perencanaan program, mengikuti dan mengadakan pelatihan dan pengembangan, melakukan evaluasi rutin pada pekerjaan yang di lakukan di seksi PD Pontren, 3) peran kepemimpin kepala seksi dalam pengelolaan sumber daya manusia melakukan pengelolaan administrasi, menyusun perencanaan program, pelaksanaan kebijakan kantor dan kegiatan dalam program, mengadakan dan mengikuti pelatihan dan pengembangan, melakukan evaluasi secara rutin, sumber informasi, pengarah, koordinasi, pengambilan keputusan, pengawasan, membawa perubahan baik, menciptakan komunikasi, dan dapat mewakili kegiatan Kemenag.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihin, Suci Faradibafaradibasolihin@gmail.com06020320052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi@unsby.ac.id2012047702
Subjects: Manajemen
Kepemimpinan
Keywords: Peran kepemimpinan; pengelolaan sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suci Faradiba Solihin
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:41
Last Modified: 17 Jul 2024 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71818

Actions (login required)

View Item View Item