Resepsi al Qur'an di media sosial: studi kasus serial animasi Ibra Berkisah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Annisa Aulia (2024) Resepsi al Qur'an di media sosial: studi kasus serial animasi Ibra Berkisah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Aulia Salsabila_07040320114.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Annisa Aulia Salsabila_07040320114_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada kemajuan media sosial dan ilmu pengetahuan yang mendorong masyarakat untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam memanfaatkan media sosial untuk meresepsi ayat-ayat dalam kitab suci al-Qur’an. Media sosial yang paling populer adalah YouTube, menyediakan berbagai jenis hiburan, termasuk serial animasi Islami. Salah satu serial animasi Islami yang menarik perhatian adalah Ibra Berkisah yang mengangkat tema pesantren dengan Sirah Nabawiyah dan disertai lagu-lagu sesuai tema. Serial animasi ini bukan hanya sebagai konten hiburan semata, tetapi juga sebagai sumber edukasi berbasis al-Qur’an dan hadis yang dikemas secara ringan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakter pemeran, tema dan alur cerita dalam serial animasi Ibra Berkisah. 2) Bagaimana resepsi al-Qur’an dalam serial animasi Ibra Berkisah. 3) Bagaimana transformasi al-Qur’an dalam serial animasi Ibra Berkisah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter pemeran utama yang ada, resepsi al-Qur’an dan transformasi al-Qur’an melalui kitab-kitab tafsir yang bercorak adabi ijtima’i yaitu tafsir Al-Azhar, An-Nūr, dan Al-Misbāh. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dan dokumentasi, serta pendekatan analisis isi (content analysis). Penelitian ini menemukan bahwa terdapat empat karakter pemeran utama dalam serial animasi Ibra Berkisah, yaitu Ibra digambarkan dengan ciri khas jambul depan, kopyah hitam, sarung, baju koko, dan berakhlak baik. Tokek digambarkan dengan ciri khas baju polkadot, rambut keriting, gigi tonggos, kopyah coklat, dan latah. Hoho digambarkan dengan ciri khas kemeja merah, celana jeans, jam tangan emas, sepatu, tubuh berisi, sombong, dan fasih berbahasa Inggris. Pak Kyai digambarkan dengan ciri khas pakaian tradisional seperti baju batik dan sarung, jenggot putih, kopyah putih, wajah setengah baya, dan sabar. Adapun tema dan alur cerita serial animasi Ibra Berkisah yaitu pada episode 5 “Buraq” memiliki alur maju, episode 17 “Bully” dan episode 26 “Ghosting” memiliki alur campuran. Resepsi al-Qur’an dalam episode “Buraq”, “Bully”, dan “Ghosting” meliputi resepsi eksegesis, resepsi estetik, dan resepsi fungsional yang terdapat dalam surat Al-Baqarah [2]: 256, surat Al-Lahab [111]: 1-5, dan surat At-Taubah [9]: 117-119. Transformasi dalam episode “Buraq” dan episode “Ghosting” mengalami peringkasan, sedangkan dalam episode “Bully” mengalami peringkasan dan perluasan pesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Annisa Auliaayesa.thebest@gmail.com07040320114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatulloh, Ah. Nasichnasichhidayatulloh@gmail.com2008027802
Subjects: Cerita Nabi
Media Sosial
Al Qur'an
Keywords: Resepsi al Qur’an; youtube; serial animasi Ibra Berkisah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Annisa Aulia Salsabila
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:40
Last Modified: 17 Jul 2024 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71841

Actions (login required)

View Item View Item