Pengaruh kombinasi pupuk organik cair bonggol pisang dan air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman Seledri Batang (Apium Graveolens l. )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Putri Nisrina (2024) Pengaruh kombinasi pupuk organik cair bonggol pisang dan air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman Seledri Batang (Apium Graveolens l. ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nisrina Ambarwati_09040120060 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Putri Nisrina Ambarwati_09040120060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Seledri batang (Apium graveolens L. var dulce Alef) merupakan salah satu tanaman holtikultur yang memiliki banyak manfaat tetapi di Indonesia masih belum banyak petani yang membudidayakan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi seledri batang salah satunya dengan pemberian pupuk organik cair. Pupuk organik cair yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari limbah bonggol pisang dan air cucian beras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk organik cair bonggol pisang dan air cucian beras terhadap pertumbuhan dan kadar flavonoid total pada tanaman seledri batang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan menggunakan konsentrasi kombinasi pupuk organik cair bonggol pisang dan air cucian beras 15%, 35%, 50%, 75% dan 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun dengan nilai p-value< (0,05). Sedangkan pada parameter panjang akar tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Selain itu, perlakuan kombinasi pupuk organik cair bonggol pisang dan air cucian beras dapat meningkatkan kadar flavonoid total pada ekstrak seledri batang dengan nilai sebesar 20,1 mg EQ/g.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Putri NisrinaPutrinisrina705@gmail.com09040120060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Bahan Obat
Kesehatan
Kesehatan

Pertanian
Keywords: Pupuk Organik Cair; bonggol pisang
Depositing User: Putri Nisrina
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:56
Last Modified: 18 Jul 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71880

Actions (login required)

View Item View Item