Penerapan algoritma K-Means dalam pemetaan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Tasikmalaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Devita (2024) Penerapan algoritma K-Means dalam pemetaan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Tasikmalaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devita Anggraeni_H72217020 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Devita Anggraeni_H72217020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) merupakan salah satu permasalahan mengenai kesejahteraan sosial yang masih terjadi di beberapa Provinsi Indonesia termasuk di Jawa Barat. Berdasarkan hasil riset Dinas Sosial di Kota Tasikmalaya setiap tahun mengalami peningkatan jumlah PMKS. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya dalam menangani PMKS di setiap kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi model clustering paling optimal dalam pengelompokan PMKS di Kota Tasikmalaya, serta mengetahui pemetaan hasil clustering menggunakan algoritma K-Means dengan metode Silhouette Index. Metode yang digunakan pada penelitihan ini yaitu K-means clustering dengan uji coba hasil cluster menggunakan metode Sihouette Index. Hasil yang diperoleh dari 10 kecamatan di Tasikmalaya berdasarkan 10 variabel yang relevan, menunjukkan bahwa validasi paling optimal terletak pada cluster 2 dengan nilai Silhouette Index mencapai 0,2372. Terdapat 3 kecamatan yang termasuk dalam cluster pertama dengan interpretasi kelompok tinggi, sedangkan 7 kecamatan lainnya termasuk dalam cluster kedua dengan interpretasi kelompok rendah. Penelitian ini memberikan gambaran yang penting mengenai distribusi PMKS di Tasikmalaya, menyoroti perlunya pendekatan yang lebih terfokus dalam penanggulangan masalah sosial ini di tingkat lokal, dengan implikasi untuk pengembangan kebijakan yang lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Devitadevitaanggraeni389@gmail.comH72217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissadahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorAbdulloh, Hamiddoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Gelandangan
Kesejahteraan Sosial
Kemiskinan
Masalah sosial
Keywords: PMKS; Algoritma K-Means; Silhouette Index
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Devita Anggraeni
Date Deposited: 21 Jul 2024 10:19
Last Modified: 24 Jul 2024 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71987

Actions (login required)

View Item View Item