Implementasi Fenomenologi Edmund Husserl terhadap Religiusitas dan Trend Mode gaya berjilbab mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfadillah, Ita (2024) Implementasi Fenomenologi Edmund Husserl terhadap Religiusitas dan Trend Mode gaya berjilbab mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ita Nurfadillah_07020120030 OK.pdf

Download (917kB)
[img] Text
Ita Nurfadillah_07020120030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (959kB)

Abstract

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keputusan mahasiswi dalam mengenakan jilbab dipengaruhi oleh kombinasi faktor-faktor seperti latar belakang keluarga, tuntutan agama, lingkungan kampus, serta pengaruh media sosial dan selebgram. Sebagian mahasiswi memandang tren hijab sebagai bentuk ekspresi kreatif yang tetap sesuai dengan kewajiban agama, sementara yang lain merasa khawatir akan ketidaksesuaian dengan prinsip-prinsip syariat. Pergeseran persepsi terhadap jilbab dari simbol keagamaan menjadi elemen fashion mencerminkan perubahan pandangan masyarakat, khususnya di lingkungan kampus. Mahasiswi dari fakultas umum dan fakultas islam memiliki pandangan yang beragam, dengan beberapa melihat tren ini sebagai peluang untuk memotivasi lebih banyak individu menutup aurat secara modis namun sopan, sementara yang lain menilai perlu ada keseimbangan antara mode dan kesesuaian syariat. Penelitian ini menegaskan peran media sosial sebagai sumber utama inspirasi dalam tren fashion hijab di kalangan mahasiswi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfadillah, Itaitanurfadillah84@gmail.com07020120030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, Kasnokasno.sudaryanto@yahoo.com2001125962
Subjects: Budaya - Agama
Jilbab
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Wanita dalam Islam
Keywords: Trend; Hijab; Fenomenologi; Edmund Husserl.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ita Nurfadillah
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:32
Last Modified: 22 Jul 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71997

Actions (login required)

View Item View Item