Nilai sufistik dalam buku anekdot Nasruddin Hoja karya Erdinc Babacan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Rifda Arifah (2024) Nilai sufistik dalam buku anekdot Nasruddin Hoja karya Erdinc Babacan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifda Arifah Zain_07040620095 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rifda Arifah Zain_07040620095 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Humor merupakan bagian dari sifat manusia, mempunyai dampak positif pada kesejahteraan fisik dan mental. Humor sufi merupakan jenis humor yang mencakup ajaran-ajaran atau nilai-nilai tasawuf atau sufistik. Selain membuat tertawa, dalam humor ini juga terdapat hikmah yang mencerminkan nilai-nilai agama dan kemanusiaan yang umum. Nasruddin Hoja merupakan seorang tokoh humor terkenal yang dikenal karena kecerdasannya yang tinggi, kelucuannya, dan kemampuannya menjawab segala persoalan dengan cara yang unik. Kisah-kisah mengenai Nasruddin menggambarkan dirinya sebagai karakter yang serba bisa dan seolah-olah tak terikat oleh waktu. Berbicara tasawuf biasanya identik dengan sesuatu yang berat. Namun, menjalani kehidupan dengan bertasawuf berarti mengarahkan diri menuju Allah SWT, dengan mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Humor yang dibawakan oleh Nasrudin Hoja tidak hanya mengandung sindiran sosial yang relevan dengan masanya, tetapi juga mengundang tawa dan kekaguman. Dengan kisah-kisah satir atau anekdot yang disampaikannya, terdapat nilai-nilai sufistik yang dapat diambil untuk direnungkan hikmahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah; pertama bagaimana pemikiran tasawuf Nasruddin Hoja? Kemudian yang kedua ialah; Bagaimana nilai-nilai sufistik dalam buku Anekdot Nasruddin Hoja? Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui pemikiran tasawuf Nasruddin Hoja, yang kedua untuk mengetahui nilai-nilai sufistik dalam buku Anekdot Nasruddin Hoja. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kepustakaan (library research). Adapun sumber data dalam kajian ini adalah berupa kitab-kitab hadis, buku-buku kajian, dan jurnal penunjang yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan demikian tujuan utama dari penelitian ini ialah; pertama untuk mengetahui pemikiran Nasruddin Hoja, yang kedua untuk mengetahui nilai-nilai sufistik dalam buku Anekdot Nasruddin Hoja. Sehingga hasil yang didapat dalam penelitian ini ialah dalam anekdot-anekdot yang terkait dengan kisah-kisah satir nasruddin hoja mengandung nilai-nilai sufistik yang bertujuan untuk mengambil hikmah yang mendalam untuk menumbuhkan kesucian hati dan berakhlak mulia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Rifda Arifahrifdaarifah01@gmail.com07040620095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Tasawuf
Humor
Keywords: Nilai Sufistik; Anekdot; Nasruddin Hoja. Nilai Sufistik, Anekdot, Nasruddin Hoja. Nilai Sufistik, Anekdot, Nasruddin Hoja.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rifda Arifah Zain
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:29
Last Modified: 22 Jul 2024 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72025

Actions (login required)

View Item View Item