Upaya diplomasi ekonomi kreatif KBRI Seoul dalam mempromosikan Batik PT Wastra Cantik Indonesia di Korea Selatan Tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imelda, Shelly Maulidna (2024) Upaya diplomasi ekonomi kreatif KBRI Seoul dalam mempromosikan Batik PT Wastra Cantik Indonesia di Korea Selatan Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shelly Maulidina Imelda_10040220104 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Shelly Maulidina Imelda_10040220104 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ekonomi kreatif menjadi sektor yang memiliki potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia. Salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang potensial yaitu fashion batik. Melihat sub sektor fashion terkhusus pada batik yang potensial, mendorong KBRI Seoul melakukan diplomasi ekonomi kreatif dalam mempromosikan batik PT Wastra Cantik Indonesia di Korea Selatan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana upaya diplomasi ekonomi kreatif KBRI Seoul dalam mempromosikan batik PT Wastra Cantik Indonesia di Korea Selatan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa upaya diplomasi ekonomi kreatif KBRI Seoul dalam mempromosikan batik PT Wastra Cantik Indonesia di Korea Selatan tahun 2021 antara lain, pertama, KBRI Seoul menelusuri peluang kerja sama perdagangan batik dengan Backpackr Inc. Kedua, mempromosikan batik PT Wastra Cantik Indonesia ke Backpakr Inc melalui kunjungan langsung. Ketiga, memfasilitasi pertemuan antara PT Wastra Cantik Indonesia dengan Backpakr Inc. Keempat, pencarian informasi terkait dengan kebutuhan konsumen dan selera pasar Korea Selatan untuk produksi batik yang bermutu dan sesuai dengan selera pasar Korea Selatan. Kelima, memfasilitasi pertemuan penandatangan kesepakatan kerja sama perdagangan batik antara PT Wastra Cantik Indonesia dengan Backpakr Inc.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imelda, Shelly Maulidnashellymaulidinaaa@gmail.com10040220104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Diplomasi ekonomi kreatif; KBRI Seoul; promosi batik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Shelly Maulidina Imelda
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:05
Last Modified: 24 Jul 2024 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72038

Actions (login required)

View Item View Item