Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulaya, Chofifah Nida (2024) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chofifah Nida Ulaya_D97217040 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Chofifah Nida Ulaya_D97217040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Orang tua mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. Orang tua dapat mendorong, memusatkan perhatian, dan mendampingi anaknya selama melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa Pandemi Covid-19 di kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh orang tua dalam memotivasi belajar anak di kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa Pandemi Covid-19 di kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat ? 2) Apa saja hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa Pandemi Covid-19 di kelas III-A MIN 1 Ketapang Kalimantan Barat ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Peneliti berusaha menggambar kata-kata tertulis dari lisan responden. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orang tua di kelas III-A MIN 1 Ketapang sangat penting pada masa Pandemi Covid-19 yakni peran orang tua sebagai pembimbing anaknya ketika proses pembelajaran maupun diluar jam belajar seperti membimbing anak menyelesaikan tugasnya, membimbing anak mengaji dan hafalan surat-surat pendek, peran orang tua sebagai motivator yaitu dengan cara memberikan perhatian seperti nasehat, pujian, hadiah serta hukuman untuk anak. Peran orang tua sebagai fasilitator yaitu memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak seperti meja belajar, gawai, buku, alat tulis, kuota, media pembelajaran/alat peraga. (2) hambatan yang dialami oleh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu selama pembelajaran daring banyak anak merasa cepat bosan, kesibukan dan keterbatasan waktu orang tua untuk menemani anak, pengaruh pergaulan lingkungan dari temannya yang kurang baik. Sehingga membuat anak tidak focus belajar dan bermain pada saat jam-jam tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulaya, Chofifah Nidachofifahnidaulaya@gmail.comD97217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peran orang tua; motivasi belajar anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chofifah Nida Ulaya
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:04
Last Modified: 24 Jul 2024 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72048

Actions (login required)

View Item View Item