Perancangan ui/ux menggunakan metode User Centered Design pada website Kependudukan Desa Banjarwati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Halimah (2024) Perancangan ui/ux menggunakan metode User Centered Design pada website Kependudukan Desa Banjarwati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimah Masruroh_09040620052 ok.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Halimah Masruroh_09040620052 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Layanan administrasi kependudukan merupakan layanan yang dikelola oleh dinas kependudukan dan pencatata sipil yang dibantu oleh kantor kecamatan dan kelurahan/desa untuk mempermudah akses bagi masyarakat. Desa Banjarwati menjadi salah satu desa yang membantu dalam layanan administrasi kependudukan. Pelayanan administrasi kependudukan berbasis web menjadi suatu kemajuan dalam peningkatan kepuasa masyarakat akan kinerja pemerintah desa dalam pengoptimalan teknologi informasi dan komukasi yang dapat melayani masyarakat kapan saja dan dimana saja. Namun, proses layanan yang diberikan masih menggunakan cara yang manual, sehingga dapat menimbulkan masalah jika dibutuhkan proses cepat dan efisien. Sehingga penelitian ini mengembangkan untuk merancang desain interface dan user experience website kependudukan yang dapat membantu masyarakat dalam mengajukan permohonan layanan kependudukan dengan mudah dan dapat diakses dengan mudah. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan website kependudukan yakni metode User Centered Design (UCD), yang mana metode tersebut menjadikan pengguna sebagai pusat dalam proses pembuatan sistem. Hasil dari perancangan desain user interface berupa prototype high-fidelity yang diuji menggunakan System Usability Scale (SUS), dengan 10 pernyataan sebagai perhitungan kepuasan pengguna. Hasil akhir dari pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor nilai sebesar 78.68 sehingga masuk dalam kategori acceptable dan rating good yang dapat disimpulkan bahwa rancangan website kependudukan dapat diterima oleh pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Halimahmasrurohhalimah143@gmail.com09040620052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsa.ac.id198604272014031004
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id198110142014031002
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Layanan Kependudukan; User Interface; User Experience; User Centered Design; Usability Testing
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Halimah Masruroh
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:16
Last Modified: 24 Jul 2024 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72058

Actions (login required)

View Item View Item