Tradisi mangan sego langgi pada malam nisfu sya’ban di Desa Sendangduwur, Paciran, Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Hikmah Nurul (2024) Tradisi mangan sego langgi pada malam nisfu sya’ban di Desa Sendangduwur, Paciran, Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmah Nurul Islami_A72218050.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Hikmah Nurul Islami_A72218050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tradisi Mangan Sego Langgi Pada Malam Nisfu Sya’ban di Desa Sendangduwur Paciran, Lamongan”. Ritual dan tradisi, seperti tradisi Mangan Sego Langgi, menjadi bagian tak terpisahkan dalam menjaga nilai agama dan budaya. Penelitian ini fokus pada tiga permasalahan utama, yaitu: (1) Latar belakang munculnya tradisi Mangan Sego Langgi; (2) Prosesi tradisi Mangan Sego Langgi; dan (3) Eksistensi tradisi Mangan Sego Langgi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah non-naratif dengan fokus pada pengungkapan masalah melalui ilmu sosial, khususnya antropologi. Sejarah non-naratif menekankan analisis terhadap sebuah tradisi yang diwariskan secara lisan, yakni tradisi Mangan Sego Langgi di Desa Sendangduwur. Penelitian ini memanfaatkan teori Interaksi Simbolik dari Victor Turner untuk menggali makna dan nilai dalam tradisi tersebut. Turner berpendapat bahwa simbol dalam ritual memiliki tiga dimensi arti: eksegetik, operasional, dan posisi, yang membantu memahami simbol-simbol dalam tradisi ini. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tradisi Mangan Sego Langgi di Desa Sendangduwur berasal dari proses Islamisasi abad ke-16 dan dikaitkan dengan kebiasaan puasa Ngrowot oleh Sunan Sendang. Diselenggarakan setiap 15 Sya’ban, tradisi ini melibatkan tokoh agama dan masyarakat, serta mencakup kegiatan ritual dan makan bersama hidangan khas Sego Langgi. Tradisi ini memperkuat ikatan sosial, spiritual, dan ekonomi masyarakat meskipun terpengaruh oleh perubahan sosial dan ekonomi. Dukungan berkelanjutan diperlukan untuk melestarikannya sebagai bagian integral dari warisan budaya lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Hikmah Nurula72218050@uinsby.ac.idA72218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Antropologi Budaya
Budaya Islam
Budaya
Keywords: Tradisi mangan sego langgi; malam nisfu sya’ban; Desa Sendangduwur, Paciran, Lamongan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hikmah Nurul Nurul
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:14
Last Modified: 25 Jul 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72123

Actions (login required)

View Item View Item