Analisis strategi pengembangan produk ekowisata Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo Jawa Timur melalui produk turunan Mangrove

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulkiflih, Mochammad Ivan (2024) Analisis strategi pengembangan produk ekowisata Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo Jawa Timur melalui produk turunan Mangrove. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Ivan Zulkiflih_09010420010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Mochammad Ivan Zulkiflih_09010420010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ekowisata Pantai Permata Pilang di Kota Probolinggo, Jawa Timur merupakan salah satu destinasi ekowisata yang terkenal dengan keberadaan hutan mangrovenya. Manfaat ekologis dan ekonomi mangrove telah menarik perhatian warga lokal untuk memanfaatkannya dalam berbagai produk turunan, salah satunya adalah buah mangrove yang diolah menjadi kopi mangrove. Dari hasil observasi lapangan, usaha olahan kopi mangrove ini memiliki potensi yang cukup besar. Dengan adanya kondisi tersebeut, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan produk ekowisata melalui kopi mangrove yang melibatkan proses SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) dan uji kesukaan terhadap daya terima produk olahan kopi mangrove. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan alat analisis SWOT dan uji One Way ANOVA serta uji lanjutan Duncan menggunakan aplikasi SPSS. Pengambilan data menggunakan survey lapangan dan wawancara menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam usaha kopi mangrove. Hasil uji kesukaan didapatkan bahwa sampel C disukai dari segi kesukaan aroma dan rasa, sedangkan untuk sampel A disukai dari segi warna. Hasil ini menandakan bahwa daya terima terhadap produk olahan kopi mangrove masih tidak bisa mengalahkan produk kopi bubuk yang sudah beredar dipasaran, tetapi produk olahan kopi mangrove memiliki keunggulan dengan keunikan cita rasa yang dimilikinya. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk digunakan adalah strategi SO (Strenght-Opportuniti). Strategi pengembangan produk olahan kopi mangrove di Ekowisata Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo adalah: Melakukan pengembangan produk dengan memanfaatkan kualitas produk dan mempertahankan cita rasa yang unik, memanfaatakan dukungan pemerintah untuk mempromosikan produk ke masyarakat luas, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan konsumen atau calon konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulkiflih, Mochammad Ivaniipan.zul27@gmail.com09010420010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id2029039203
Thesis advisorMuttaqin, Andik Dwiandik.muttaqin@uinsby.ac.id2010028204
Subjects: Ilmu Kelautan
Manajemen Strategi
Pariwisata
Keywords: Strategi pengembangan produk; ekowisata Pantai; produk turunan Mangrove
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Mochammad Ivan Zulkilfih
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:27
Last Modified: 25 Jul 2024 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72125

Actions (login required)

View Item View Item