Pengaruh sertifikasi guru dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru dimoderasi motivasi guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Dania (2024) Pengaruh sertifikasi guru dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru dimoderasi motivasi guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dania Salsabila_06020320024 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dania Salsabila_06020320024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kinerja guru merupakan tingkat capaian guru dalam melaksanakan pengajaran sesuai dengan keahlian sehingga siswa memahami pelajaran dan pembelajaran tersampaikan dengan baik. Sertifikasi guru adalah proses menentukan apakah calon guru dan guru yang sedang bekerja memenuhi syarat untuk diberi izin dan otoritas untuk mengajar yang diakhiri dengan pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang memenuhi syarat. Supervisi kepala madrasah ialah tindakan atau layanan yang diberikan kepala madrasah kepada guru dalam upaya menyelesaikan masalah dan meningkatkan kondisi pembelajaran. Motivasi adalah perasaan yang dastang dari dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan tertentu dengan tujuan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk 1) menguji pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru, 2) menguji pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru, 3) menguji pengaruh moderasi motivasi guru terhadap hubungan sertifikasi guru dengan kinerja guru, dan 4) menguji pengaruh moderasi motivasi guru terhadap hubungan supervisi kepala madrasah dengan kinerja guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu simple random sampling, dengan jumlah sampel 50 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Data terkumpul dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square-moderating dengan SmartPLS 3.0 software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sertifikasi guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Artinya baik guru yang tersertifikasi maupun yang tidak tersertifikasi sama-sama memiliki kinerja yang sama baik, 2) supervisi kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinya supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah menyebabkan tingginya kinerja guru, 3) motivasi guru tidak dapat memoderasi pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru tidak akan meningkat atau lebih baik hanya ketika mereka mendapatkan sertifikasi guru sebagai bentuk motivasi dalam bekerja, dan 4) motivasi guru dapat memoderasi pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Artinya, baik guru yang termotivasi tinggi maupun yang memiliki motivasi rendah sama-sama akan memiliki kinerja tinggi asalkan mereka mendapatkan supervisi yang baik oleh kepala sekolah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Daniasalsabiladenis129@gmail.com06020320024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsa.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Pendidikan Islam
Keywords: Sertifikasi; supervisi kepala madrasah; motivasi; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dania Salsabila
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:44
Last Modified: 25 Jul 2024 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72179

Actions (login required)

View Item View Item