Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Mapel PAI di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamimi, Abdillah Rosyid (2024) Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Mapel PAI di SMA Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdillah Rosyid Tamimi_06010120001 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abdillah Rosyid Tamimi_06010120001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas lebih dalam mengenai implementasi pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya. Fokus pembahasan dalam skripsi tersebut adalah implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya. Skripsi ini membahas tentang upaya untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa. Implementasi kurikulum merdeka di mata pelajaran PAI bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menantang, relevan, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah nalar kritis mereka secara menyeluruh. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu”1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran kurikulum merdeka di SMA Negeri 15 Surabaya, 2) untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis di SMAN 15 Surabaya, 3) untuk mengetahui implementasi pembelajaran kurikulum merdeka dalam meningkatkan nalar kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 15 Surabaya memberikan kebebasan kepada guru dalam metode pembelajaran yang inklusif. Materi disesuaikan dengan kebutuhan siswa sambil memfokuskan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan partisipasi siswa. Pendekatan ini menunjukkan komitmen terhadap lingkungan belajar yang responsif, serta memperkuat karakter dan kemampuan kognitif siswa melalui berpikir kritis. Perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 15 Surabaya ditunjukkan oleh komitmen sekolah dalam meningkatkan kemampuan analitis siswa melalui pendekatan inovatif. Siswa didorong untuk aktif berpartisipasi, berekspresi, dan berpendapat, dengan penggunaan tugas kelompok, presentasi, dan diskusi untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis secara holistik. Pendekatan berpusat pada siswa sebagai subjek pembelajaran aktif, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 15 Surabaya berhasil meningkatkan nalar kritis siswa dalam mata pelajaran PAI. Pendekatan inovatif dan interaktif, seperti penggunaan HOTS, LKPD, dan berbagai media pembelajaran, membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis secara menyeluruh. Lingkungan pembelajaran yang relevan dan menantang membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamimi, Abdillah Rosyid06010120001@student.uinsby.ac.id06010120001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Guru
Islam
Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kurikulum Merdeka; Keterampilan berpikir kritis; Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdillah Rosyid Tamimi
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:38
Last Modified: 26 Jul 2024 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72285

Actions (login required)

View Item View Item