Analisis preferensi penggunaan Paylater E-commerce dan implikasinya pada perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Russel, Viona (2024) Analisis preferensi penggunaan Paylater E-commerce dan implikasinya pada perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Viona Russel_08010120023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Viona Russel_08010120023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat di Indonesia saat ini mulai diperkenalkan dengan sistem pembayaran digital. Sistem tersebut merupakan metode pembayaran yang tidak lagi menggunakan uang tunai fisik dalam melakukan transaksi, namun sudah beralih dengan memanfaatkan teknologi seperti i-banking, m-banking, e-wallet, dan paylater. Pada tahun terakhir ini, sistem pembayaran paylater telah menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa, karena memiliki banyak keuntungan. Dibalik keuntungan-keuntungan yang ditawarkan, membuat mahasiswa tidak menggunakannya secara bijak, sehingga menyebabkan timbulnya perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi penggunaan paylater e-commerce dan implikasinya pada perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Fenomenologi merupakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan mengungkapkan makna bersama suatu konsep atau fenomena. Pendekatan ini menyoroti pengalaman sadar dan individual yang dialami oleh sekelompok individu dalam kehidupan mereka. Jumlah narasumber dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode observasi lapangan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil dalam penelitian ini menujukkan bahwa preferensi mahasiswa perguruan tinggi Surabaya dalam menggunakan paylater yaitu karena adanya faktor persepsi seperti kemudahan, fleksibilitas pembayaran, voucher dan potongan harga, serta keamanan. Selain itu juga terdapat faktor sosial, faktor pskologi, faktor budaya dan faktor pribadi. Penggunaan paylater juga berdampak pada perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi Surabaya dalam belanja online karena berbelanja produk yang terlihat unik dan menarik, belanja karena adanya penawaran menarik seperti potongan harga, berbelanja untuk mengikuti tren, berbelanja karena melihat merek, berbelanja tidak sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini memberikan saran kepada para pengguna layanan paylater khususnya mahasiswa agar tetap berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya serta dapat mengendalikan diri sendiri agar tidak berbelanja terlalu berlebihan. untuk membantu mengurangi timbulnya perilaku konsumtif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Russel, Vionarusselviona@gmail.com08010120023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Ekonomi
Teknologi
Konsumen
Keywords: Paylater E-commerce; perilaku konsumtif; mahasiswa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Viona Russel
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:27
Last Modified: 01 Aug 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72297

Actions (login required)

View Item View Item