Pengembangan modul ajar pembelajaran matematika dengan model flipped classroom berbantuan aplikasi edpuzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nur (2024) Pengembangan modul ajar pembelajaran matematika dengan model flipped classroom berbantuan aplikasi edpuzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Safitri_06040420062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (20MB)
[img] Text
Nur Safitri_06040420062.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di era modern yang dituntut untuk menggunakan teknologi digital dan rendahnya hasil belajar siswa. Pembaharuan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yaitu model Flipped Classroom. Flipped Classroom memungkinkan siswa mempelajari materi sebelum kelas melalui video interaktif dengan Edpuzzle sebagai alat untuk menyesuaikan konten video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar pembelajaran matematika dengan model Flipped Classroom berbantuan aplikasi Edpuzzle yang dirancang agar menjadi modul yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini diterapkan kepada 32 siswa di kelas X-G MAN 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik catatan lapangan (field note), validasi, dan tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis catatan lapangan (field note), kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar pembelajaran matematika. Penelitian ini memperoleh hasil yang terdiri dari: (1) Proses pengembangan produk pada tahap analysis memperoleh data tentang kendala kegiatan pembelajaran matematika seperti metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah dan berpusat pada guru, kurang memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, kurangnya penyediaan modul ajar yang inovatif, rendahnya hasil belajar siswa, kurikulum yang digunakan yaitu kurmer dan K13 dan materi pokok yang digunakan yaitu statistika. Tahap design, kegiatan perancangan konseptual modul ajar pembelajaran matematika. Tahap development, kegiatan pengembangan modul ajar sesuai dengan rancangan konseptual pada tahap sebelumnya yang kemudian dilakukan proses validasi dan revisi sesuai dengan masukan para validator. Tahap implementation, kegiatan penerapan modul ajar kepada siswa kelas X-G di MAN 1 Pasuruan. Tahap evaluation, kegiatan evaluasi dan menilai keefektifan modul ajar yang telah dikembangkan. (2) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,33 yang termasuk pada kriteria “sangat valid”. (3) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “praktis” pada kriteria “A” dengan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 90,55 yang berarti “dapat digunakan tanpa revisi”. (4) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 78,12% dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 25,28.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nurnursfitri01@gmail.com06040420062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Matematika
Teknologi
Keywords: Model flipped classroom; edpuzzle; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Safitri
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:27
Last Modified: 30 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72312

Actions (login required)

View Item View Item