Penerapan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Noval Cahya Putra (2024) Penerapan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noval Cahya Putra Pradana_06010120014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Noval Cahya Putra Pradana_06010120014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo. Dengan latar belakang pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter dan moral siswa, serta kebutuhan akan pemahaman agama yang baik dan kemampuan berpikir kritis dalam era globalisasi, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengidentifikasi sejauh mana Problem Based Learning dapat menjadi alat efektif dalam mengatasi tantangan ini. Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah, yakni; 1) Bagaimana penerapan Problem Based Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo, 2) Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo, 3) Bagaimana dampak penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga membutuhkan observasi untuk proses pengambilan data dan wawancara di objek penelitiannya yakni di SMAN 2 Sidoarjo. Dari hasil observasi dan analisis hasil observasi, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajran Pendidikan Agama Islam terbukti benar adanya dan efektif, selengkapnya akan penulis paparkan dalam penjelasan-penjelasan teoritik yang ada dalam susunan bab-perbab pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Noval Cahya Putranovalnagkbaja@gmail.com06010120014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Problem based learning; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noval Cahya Putra Pradana
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:23
Last Modified: 31 Jul 2024 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72357

Actions (login required)

View Item View Item