Implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di SMP Al Islah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Lailatul (2024) Implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di SMP Al Islah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Safitri_D93217101.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lailatul Safitri_D93217101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMP Al Islah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Sistem informasi manajemen pendidikan yang digunakan di SMP Al Islah Surabaya ada 2 yaitu dari dinas dan telkom indonesia. Aplikasi dari dinas berupa dapodik, siagus, profil sekolah, simpatika dan infogtk. Sedangkan aplikasi dari telkom Indonesia yaitu pijar sekolah. Selain dua aplikasi itu sekolah juga menggunakan website dan sosial media. 2)Kualitas layanan pendidikan yang dilakukan di SMP Al Islah Surabaya dengan cara memberikan layanan yang terbaik berupa fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan sekolah dan layanan khusus seperti seperti layanan bimbingan konseling, layanan perpustakaan, layanan kantin, layanan kesehatan, layanan koperasi dan layanan laboratorium. Selain itu sekolah juga terbuka akan adanya kritik sehingga keluhan-keluhan akan ditampung dan dicari jalan keluarnya. 3) Implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di SMP Al Islah Surabaya, untuk penerapan sistem informasi manajemen pendidikan sendiri jika aplikasi dari dinas sudah berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi warga sekolah. Sedangkan untuk sistem informasi dari telkom indonesia, baru digunakan untuk ujian siswa dan belum bisa menerapkan secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Lailatullailatulsafitri228@gmail.comD93217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Informasi
Keywords: Sistem informasi manajemen pendidikan; kualitas layanan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lailatul Safitri
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:32
Last Modified: 29 Jul 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72386

Actions (login required)

View Item View Item