Manajemen kewirausahaan di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfi, Muhammad Nabil (2024) Manajemen kewirausahaan di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nabil Alfi_B74219050.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Nabil Alfi_B74219050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo dalam mengatur dan mengembangkan kewirausahaan. Bertujuan juga untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo dalam mengembangkan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yakni Kewirausahaan Hidroponik Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo menerapkan 4 aspek manajemen. Pertama Kewirausahaan Hidroponik Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo menerapkan perencanaan, kedua menerapkan pengorganisasian, ketiga menerapkan penggerakan, keempat pengawasan. Aspek manajemen diatas diimplementasikan kewirausahaan hidroponik untuk menalankan usahanya. Terdapat beberapa faktor penghambat, seperti musim hujan dan keterbatasan sumber daya, Faktor pendukung dari masyarakat dan minat pasar yang tinggi terhadap produk hidroponik memberikan peluang yang besar untuk pengembangan usaha di masa depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfi, Muhammad Nabilalnabil99999@gmail.comB74219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Pesantren
Keywords: kewirausahaan; hidroponik; pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Nabil Alfi
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:53
Last Modified: 29 Jul 2024 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72397

Actions (login required)

View Item View Item