Analisis pengenmbangan usaha percetakan indah jaya empat surabaya dalam perspektif etika bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Vicky Anik Diana (2022) Analisis pengenmbangan usaha percetakan indah jaya empat surabaya dalam perspektif etika bisnis islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vicky Anik Diana Putri_G04217063.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Vicky Anik Diana Putri_G04217063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan tentang pengembangan usaha dari Percetakan Indah Jaya Empat Surabaya dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Pengembangan usaha sendiri diartikan sebagai suatu tanggung jawab yang dimiliki oleh pelaku usaha tentang usaha yang mereka miliki. Sementara itu, Etika Bisnis dalam Islam memiliki hubungan erat tentang perilaku atau etika yang digunakan untuk membedakan perilaku yang benar dan salah dari suatu perusahaan dengan menjadikan ajaran Islam sebagai pedoman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, salah satunya yang ada di Kota Surabaya. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan adanya persaingan bisnis yang sangat ketat. Kondisi ini juga didorong oleh adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat. Atas dasar tersebut, pelaku usaha dalam bidang percetakan harus terus berupaya untuk melakukan inovasi. Permasalahan yang terjadi inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan perkembangan usaha percetakan pada perusahaan Percetakan Indah Jaya Empat yang ada di Surabaya dengan menggunakan perspektif Etika Bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung terhadap objek penelitian. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Percetakan Indah Jaya Empat telah mengalami pengembangan usaha ditinjau dari strategi yang dilakukan dan mereka juga menerapkan Etika Bisnis Islam ditinjau dari perlakuan yang dilakuakn kepada karyawan dan customer. Berdasrkan hasil analisis, penulis juga memberikan saran bagi pemilik Percetakan Indah Jaya Empat agar tetap istiqomah dalam menerapkan Etika Bisnis Islam dalam mengembangkan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Vicky Anik Dianavickydiana4@gmail.comG04217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Pengembangan usaha; percetakan; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vicky Anik Diana Putri
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:53
Last Modified: 30 Jul 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72416

Actions (login required)

View Item View Item