Perencanaan tugas dan wewenang dalam pengelolaan pasar menurut Konsep Al-Hisbah: studi kasus di Pasar Setono Betek Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Renyta Agesti (2024) Perencanaan tugas dan wewenang dalam pengelolaan pasar menurut Konsep Al-Hisbah: studi kasus di Pasar Setono Betek Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Renyta Agesti Wulandari_08040420157 OK.pdf

Download (807kB)
[img] Text
Renyta Agesti Wulandari_08040420157 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan pasar sangat penting bagi masyarakat dan perekonomian. Seperti Pasar Betek Setono di Kota Kediri yang dikelola oleh Perumda Pasar Joyoboyo, tujuan pengawasan pasar adalah agar warga nyaman berbisnis di pasar tersebut. Ajaran Islam menawarkan kumpulan pedoman moral berdasarkan hukum syariah yang melindungi seluruh kepentingan pelaku pasar sehingga kerangka dan prosedur dapat menghentikan aktivitas buruk yang dilakukan pelaku pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan tugas perencanaan dan perizinan pengelolaan pasar di Pasar Setono Betek Kota Kediri. (2) menjelaskan tugas perencanaan dan perizinan pengelolaan pasar di Pasar Setono Betek Kota Kediri dilihat dari Al-Hisbah. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah petugas dan pekerja Pasar Perumda Joyoboyo serta pedagang di Pasar Setono Betek Kediri. Tahapan analisis meliputi analisis SWOT dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat empat strategi yang dapat digunakan oleh pengelola Pasar Betek Setono, yaitu memperbanyak pengusulan dan revitalisasi dengan penjajakan dan pengusulan PAD di Pasar Betek Setono setiap tahunnya; meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan pasar dan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan; melaksanakan kerja sama antara pengelola pasar dengan pedagang dan pemasok barang dagangan; dan melakukan promosi di media sosial untuk memberikan informasi terkini mengenai harga-harga kebutuhan pokok. (2) Pada aspek perencanaan, pengembangan, dan pemeliharaan pasar, perencanaan dilakukan setiap akhir tahun yang meliputi aspek sumber daya manusia, pembangunan gedung, penyelesaian konstruksi, dan pengembangan wirausaha, sesuai dengan konsep Al-Hisbah. Namun pengawasan pasar, penataan ruang, serta sarana dan prasarana masih buruk dan belum sesuai dengan konsep Al-Hisbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Renyta Agestirenyta157@gmail.com08040420157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulHakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi
Keywords: Perencanaa; Pengelolaan Pasar; Al-Hisbah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Renyta Agesti Wulandari
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:54
Last Modified: 30 Jul 2024 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72418

Actions (login required)

View Item View Item