Pengelolaan dan pelaporan aset wakaf Pondok Pesantren Darul Falah Pusat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Hana Sagita (2024) Pengelolaan dan pelaporan aset wakaf Pondok Pesantren Darul Falah Pusat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hana Sagita Anggraini_08040220121.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hana Sagita Anggraini_08040220121_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan aset wakaf, khususnya pada Pondok Pesantren menjadi isu menarik untuk diteliti. Masyarakat sangat mempercayai Pesantren dapat mengelola aset wakaf dengan baik. Oleh sebab itu, Pesantren dituntut untuk mampu mempertanggungjawabkan aset wakaf tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengelolaan dan pelaporan aset wakaf Pondok Pesantren Darul Falah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan aset wakaf Pondok Pesantren Darul Falah dilakukan oleh Ustad/Ustadzah yang ditunjuk oleh Bu Nyai. Mereka mengelola aset wakaf dengan membangun Pesantren cabang Darul Falah. Sedangkan untuk pelaporan, Pondok Pesantren Darul Falah tidak memiliki laporan atau pencatatan khusus mengenai aset wakaf. Walau demikian masyarakat khususnya wakif tetap memiliki rasa kepercayaan tinggi terhadap Pesantren Darul Falah. Penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap Pesantren untuk melakukan pencatatan terkait aset wakaf. Hal ini dilakukan agar masyarakat dan para santri mengetahui siapa wakif yang telah mewakafkan tanahnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Hana Sagita08040220121@student.uinsby.ac.id08040220121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbinti.shofiatul@uinsa.ac.id199007292019032022
Subjects: Etos Kerja
Organisasi Masyarakat
Wakaf
Keywords: Aset wakaf; pengelolaan; pelaporan; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Hana Sagita Anggraini
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:46
Last Modified: 02 Aug 2024 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72486

Actions (login required)

View Item View Item