Strategi kaderisasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di kepengurusan Takmir Masjid Al Amin Desa Bringin Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Rifqi (2023) Strategi kaderisasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di kepengurusan Takmir Masjid Al Amin Desa Bringin Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqi Abdillah_B94219093 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rifqi Abdillah_B94219093 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kaderisasi dalam pengembangan sumber daya manusia dipengurusan takmir masjid Al-Amin dan faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam proses strategi kaderisasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview, participant observation, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan teknik. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini takmir masjid Al-Amin menggunakan strategi kaderisasi yang telah dirumuskan bersama oleh anggota takmir. Berikut bentuk-bentuk strategi kaderisasi yang diterapkan oleh takmir masjid Al-Amin : Memilih ustsadz yang kompeten, materi kajian yang disampaikan tidak tentang khilafiyah, melakukan rapat terlebih dahulu sebelum mengadakan acara, tidak otoriter, membangun kepercayaan jamaah, membangun relasi, memilih takmir yang handal, menyiapkan tempat untuk kaderisasi. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat strategi kaderisasi di Masjid Al-Amin adalah terjadi miskomunikasi antar takmir, belum punya BUMM(Badan Usaha Milik Masjid) untuk pengumpulan dana dan kurangnya sumber daya manusia sebagai kader.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Rifqiabdillahrifqi240@gmail.comB94219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Syaifudinsyaifudinzuhri@uinsby.ac.id2124106601
Subjects: Iman Kepada Allah
Komunikasi Islam
Manajemen Dakwah
Pemuda Islam
Kepemimpinan
Keywords: strategi; kaderisasi; pengembangan sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: rifqi abdillah
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:40
Last Modified: 05 Aug 2024 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72535

Actions (login required)

View Item View Item