Analisis teks toleransi antarumat beragama pada akun Garis Lucu di twitter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sander, Nadirah Putri (2024) Analisis teks toleransi antarumat beragama pada akun Garis Lucu di twitter. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadirah Putri Sander_04010120020.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Nadirah Putri Sander_04010120020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pesan dibalik tweet humor pada akun Garis Lucu di Twitter. Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam skripsi ini ialah bagaimana makna pesan dibalik tweet humor pada akun Garis Lucu di Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dibalik tweet humor pada akun Garis Lucu di Twitter. Untuk memahami masalah ini secara lengkap dan detail, peneliti dalam dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, dengan tiga tingkat pemaknaan, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan juga gambar sebagai laporan dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan pesan dibalik tweet humor pada akun Garis Lucu di Twitter diantaranya: (1)menunjukkan adanya kebaikan, dan solidaritas antara sesama umat beragama, (2)sikap saling menghormati dan menghargai antara penganut agama lain, (3)menunjukkan rasa kekeluargaan dan persahabatan antara umat berbeda agama, meskipun dengan kalimat candaan dan humor. Untuk peneliti berikutnya, Penelitian ini menyarankan bahwa masih terbuka kesempatan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yakni, diharapkan lebih banyak untuk peneliti selanjutnya memperluas berbagai bidang studi selain mengetahui pesan dibalik tweet humor pada akun Garis Lucu di Twitter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sander, Nadirah Putridirrahs@gmail.com04010120020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnam, Moh Khoirulanam.uinsby@gmail.com2010118706
Subjects: Komunikasi Islam
Toleransi Islam
Humor
Keywords: Toleransi; garis lucu; humor; semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadirah Putri Sander
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:27
Last Modified: 03 Sep 2024 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72558

Actions (login required)

View Item View Item