Analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan theory of objectification berdasarkan gaya belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulaida, Nabilah Ulinnuha (2024) Analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan theory of objectification berdasarkan gaya belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Ulinnuha Wulaida_06040420060.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Nabilah Ulinnuha Wulaida_06040420060_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (10MB)

Abstract

Tingkat kemampuann lieterasi peserta didik di Indonesia selama 7 tahun terakhir tergolong rendah dan tidak kunjung mengalami kenaikan. Hal ini didasarkan pada perolehan skor literasi numerasi peserta didik di Indonesia dalam PISA dan AKSI/INAP. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di Indonesia melalui penerapan Theory of Objectification yang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika di luar negeri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuana literasia numerasia peserta didika dengana gayaa belajara saat Theory of Objectification digunakan dalam proses menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus yang telah dilaksanakan di MTsN 1 Mojokerto pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik di kelas VIII-B MTsN 1 Mojokerto, dimana setiap gaya belajar terdapat masing-masing 2 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik bergaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Theory of Objectification pada subjek V1 mencapai kategori cakap dengan persentase sebesar 76% sedangkan pada subjek V2 mencapai kategori cakap dengan persentase sebesar 70%. Pada peserta didik bergaya belajar auditory, yaitu subjek A1 mencapai kategori cakap dengan persentase sebesar 70% sedangkan pada subjek A2 mencapai kategori dasar dengan persentase sebesar 58%. Selanjutnya, peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, yaitu subjek K1 mencapai kategori dasar dengan persentase sebesar 60% sedangkan pada subjek K2 mencapai kategori dasar dengan persentase sebesar 60%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulaida, Nabilah Ulinnuhaela.ulinnuha@gmail.com06040420060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kemampuan literasi numerasi; theory of objectification; gaya belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Ulinnuha Wulaida
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:16
Last Modified: 31 Jul 2024 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72559

Actions (login required)

View Item View Item