Strategi dan dampak kampanye perdamaian melalui diskusi film Tangguh oleh aliansi indonesia damai (AIDA) di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Muhammad Ridwan (2024) Strategi dan dampak kampanye perdamaian melalui diskusi film Tangguh oleh aliansi indonesia damai (AIDA) di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ridwan Hidayat_0701022010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Ridwan Hidayat_0701022010 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi serta dampak kampanye perdamaian yang dilakukan oleh Aliansi Indonesia Damai (AIDA) melalui diskusi film “TANGGUH” di Surabaya. Konteks penelitian ini adalah meningkatnya ketegangan dan konflik sosial di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga memerlukan pendekatan inovatif untuk mendorong perdamaian dan toleransi. AIDA, sebagai organisasi yang berfokus pada perdamaian, menggunakan film sebagai alat pendidikan dan advokasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap kegiatan diskusi film “TANGGUH”, wawancara mendalam dengan tim AIDA, peserta diskusi dan analisis dokumen terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memahami efektivitas strategi kampanye yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi advokasi perdamaian melalui diskusi film “TANGGUH” berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta terhadap isu perdamaian dan toleransi. Beberapa strategi yang terbukti efektif mencakup pemilihan film yang relevan dan inspiratif, memfasilitasi diskusi interaktif, dan melibatkan peserta secara langsung dengan pengalaman konflik dan rekonsiliasi. Kesimpulan penelitian ialah kampanye perdamaian melalui media film dan diskusi kelompok terbukti efektif dalam mengedukasi masyarakat dan mempromosikan nilai-nilai perdamaian. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan serupa dapat diterapkan di wilayah lain dengan penyesuaian kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap landasan teori perdamaian dan teori film sebagai media belajar. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pihak lain yang berfokus di bidang yang sama untuk melakukan program-program menarik lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Muhammad Ridwankekabaridwan@gmail.com07010220010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsa.ac.id2009087702
Subjects: Toleransi
Perdamaian
Keywords: AIDA; Kampanye Perdamaian; Strategi; Dampak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Muhammad Ridwan Hidayat
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:18
Last Modified: 01 Aug 2024 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72565

Actions (login required)

View Item View Item