Kajian hukum islam terhadap pembebanan biaya refund dalam jual beli online pakaian sablon di toko Cititex Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabillillah, Bugar (2023) Kajian hukum islam terhadap pembebanan biaya refund dalam jual beli online pakaian sablon di toko Cititex Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bugar Sabillillah_C72218053 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bugar Sabillillah_C72218053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana praktik pembebanan biaya refund dalam jual beli online pakaian sablon di toko Cititex Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pembebanan biaya refund dalam jual beli online pakaian sablon di toko Cititex Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung dengan observasi secara langsung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dan sekunder yang telah dikumpulkan, diolah menggunakan teknik organizing, editing, dan analyzing. Data yang telah analisis disajikan dalam metode kualitatif deskriptif, yaitu mengungkapkan realita tentang pelakasanaan akad antara penjual dan pembeli lalu juga tentang pelaksanaan khiyar berdasarkan kejadian di lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa akad yang dilakukan oleh toko Cititex Surabaya yaitu dengan system jual beli telah sah sesuai dengan syariat Islam. Namun dalam sistem ini terdapat sebuah kekurangan yaitu barang yang diterima oleh si pembeli mengandung sebuah kecacatan atau tidak sesuai dengan harapan pembeli. Pihak Cititex pun sudah memberikan kebijakan berupa khiyar. Tapi kebijakan tersebut masih memberatkan pihak pembeli dengan pembebankan biaya pengembalian barang jika pembelian dilakukan melalui online atau platform e-commerce. Hasil dan kesimpulan dari penelitian di atas, toko Cititex disarankan untuk mengubah kebijakan tersebut karena sejatinya kesalahan bukan terletak pada pihak pembeli. Selain itu, pihak Cititex sebaiknya lebih teliti dalam melakukan penyortiran barang, sebelum mengirimkan barang kepada pembeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabillillah, Bugarbugars20@gmail.comC72218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Jual bei online; Refund
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Bugar Sabillillah
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:47
Last Modified: 01 Aug 2024 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72591

Actions (login required)

View Item View Item