Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlishoh, Dian Afidatul (2024) Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Afidatul Muhlishoh_06040420056 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Dian Afidatul Muhlishoh_06040420056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah suatu kemampuan siswa untuk memahami konsep-konsep matematika melalui berbagai metode. Untuk mengatasi permasalahan matematika, sangat penting bagi siswa untuk mampu memahami bagaimana merepresentasikan solusi menggunakan berbagai jenis representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan representasi matematis siswa dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dilakukan di kelas VII MTsN 2 Sidoarjo dengan melibatkan enam siswa yang memiliki kemampuan berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Seleksi siswa dilakukan berdasarkan nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mereka, dengan bantuan guru matematika untuk menentukan kemampuan komunikasi siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes representasi matematis dan panduan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis data untuk tes representasi matematis dan teknik analisis data untuk wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan hasil belajar tinggi memiliki kemampuan representasi yang tinggi, serta dapat menggunakan tiga jenis representasi, yaitu simbolik, visual, dan verbal,. Siswa dengan hasil belajar sedang memiliki kemampuan representasi sedang dan rendah. Mereka yang memiliki kemampuan representasi sedang dapat menampilkan tiga bentuk representasi matematis, yakni verbal, visual, dan simbolik. Sedangkan, siswa yang memiliki kemampuan representasi rendah hanya dapat menampilkan dua bentuk representasi matematis, yakni verbal dan simbolik. Siswa dengan hasil belajar rendah memiliki kemampuan representasi yang rendah, dan hanya mampu menggunakan dua jenis representasi, yaitu verbal dan simbolik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlishoh, Dian Afidatuldianafidatul5@gmail.com06040420056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id199003182020122009
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Kemampuan representasi; matematis; masalah; taksonomi bloom
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dian Afidatul Muhlishoh
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:17
Last Modified: 01 Aug 2024 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72612

Actions (login required)

View Item View Item