Penerapan teknik reframing Islami untuk mengatasi mental block pada mahasiswa akhir di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andjarini, Puteri (2024) Penerapan teknik reframing Islami untuk mengatasi mental block pada mahasiswa akhir di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puteri Andjarini_04040320103.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Puteri Andjarini_04040320103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiaman proses pelaksanaan konseling penerapan teknik reframing untuk mengatasi mental block pada mahasiswa tingkat akhir di Surabaya, serta bagaimana hasil proses konseling penerapan Teknik reframing untuk mengatasi mental block pada mahasiswa tingkat akhir di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perbandingan perilaku konseli sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling. Hasil dari konseling teknik reframing untuk mengatasi mental block pada mahasiswa tingkat akhir di Surabaya dapat diketahui dari perubahan perilaku konseli sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan konseling. Konseli sebelum melakukan konseling memliki inti masalah kognitif Mental Block yang berdampak pada pemikiran irrasional, pengelolaan emosi tidak stabil dan mudah Overthinking. Setelah melakukan kegiatan konseling terdapat beberapa perubahan kognitif seperti; konseli mampu mengelola emosi dengan stabil, memahami semua manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan, menghargai orang lain, bersikap terbuka pada keadaan, mampuberfikir positif denga apa yang telah terjadi, mencoba untuk memanagement waktu, dan Kembali fokus kepada tujuan diri sendiri.. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik reframing islami cukup membantu untuk mengatasi Mental Block pada mahasiswa tingkat akhir di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andjarini, Puteriputeriandjarini3@gmail.com04040320103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Teknik reframing Islami; mental block
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puteri Andjarini
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:27
Last Modified: 02 Aug 2024 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72622

Actions (login required)

View Item View Item