Analisis strategi pemasaran syariah produk tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia KCP Wahid Hasyim Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Fardiana (2024) Analisis strategi pemasaran syariah produk tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia KCP Wahid Hasyim Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fardiana Mahfudhoh_G94218172.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fardiana Mahfudhoh_G94218172_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam perkembangan zaman sekarang, perkembangan bisnis dalam perbankan terjadi sangan pesat dan mengakibatkan persaingan bisnis perbankan yang ketat. Sehingga untuk dapat bertahan di tengah persaingan tersebut sebuah perusahaan perbankan harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi kompetitornya, salah satunya pada strategi pemasaran. BankSyariah Indonesia KCP Wahid Hasyim Jombang yang merupaka salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia juga memiliki strategi pemasaran dalam kegiatan operasionalnya. Tabungan easy wadiah merupakan salah satu produk yang tabungan yang ditawarkan Bank Syariah Indonesia KCP Wahid Hasyim Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan analisis strategi pemasaran produk tabungan easy wadiah. Selain itu juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam strategi pemasaran yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan terjun langsung ke lapangan untuk menemukan informasi yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus deskriptif agar dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara valid dan berurutan mengenai fakta-fakta yang diteliti. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data yang diperoleh akan di analisis menggunakan analisis data reduction, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Wahid Hasyim Jombang menggunakan bauran pemasaran 7P place, product, price, promotion, people, process, physical evidence). Kendala yang dihadapi dalam strategi pemasaran produk Tabungan easy wadiah ada kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal tersebut yaitu minimnya SDM bagian pelayanan, kurangnya mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pemasaran dan promosi, wilayah pemasarn yang terbatas. Kendala eksternal tersebut yaitu banyaknya pesaing, produk sejenis yang ditawarkan pesaing, promosi yang dilakukan pesaing lebih menarik dan pelayanan yang lebih efektif yang ditawarkan oleh pesaing. Saran agar lebih dalam mengembangkan produk dalam strategi promosi dikarenakan banyaknya bank pesaing semakin kompetitif dalam memasarkan produk yang mereka miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Fardianafardianamahfudhoh03@gmail.comG94218172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Strategi pemasaran; 7P; tabungan easy wadiah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fardiana mahfudhoh
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:31
Last Modified: 02 Aug 2024 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72626

Actions (login required)

View Item View Item