Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills (hots) pada domain konten geometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Siti Nurul Kholifatur (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills (hots) pada domain konten geometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurul Kholifatur Rosidah_D74216075 OK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
Siti Nurul Kholifatur Rosidah_D74216075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Geometri adalah salah satu pelajaran matematika yang membahas tentang titik, garis, bidang, dan ruang. Geometri juga berhubungan dengan konsep abstrak yang diberi zsimbol-simbol. Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang hendak digunakan agar mencapai proses pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada domain konten geometri yang valid dan praktis. Jenis penelitian merupakan penelitian model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada 3 fase yaitu: analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development). Perangkat pembelajaran yang dikembang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Desain uji oba yang dikembangkan pada penelitian ini ialah one-shout case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik catatan lapangan untuk mendapatkan data proses pengembangan dan data yang akan diperoleh meliputi data analisis awal akhir, data analisis kurikulum, dan data analisis materi, Teknik validasi untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian para ahli. Validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan perangkatan pembelajaran matematika Pada fase analisis diperoleh bahwa pembelajaran di dalam kelas masih bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru dan aktivitas peserta didik masih pasif karena masih belum terbiasa bertanya dan hanya sebagian peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru serts informasi KKM dan Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Pada fase desain peneliti menghasilkan RPP dan LKPD, serta mendiskusikan materi yang akan digunakan pada penelitian ini dan menghasilkan prototype I. Fase pengembangan atau development pada penelitian ini peneliti berkonsultasi dengan dosen pembimbing terkait perangkat pembelajaran kemudian juga diperoleh perangkat yang sudah diperbaiki sesuai dengan saran dari para ahli atau validator. Kemudian direvisi dan menghasilkan prototype II. (2) Perangkat pembelajaran matematika berbasis HOTS pada domain konten geometri dinyatakan “valid” dengan rata-rata RPP 4.33 dan rata-rata LKPD 3.15. (3) Pembelajaran matematika berbasis HOTS pada domain konten geometri pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dinyatakan “praktis” yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi dengan rata-rata penilaian “B”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Siti Nurul KholifaturKholifaturrosidah21@gmail.comD74216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorlailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Perangkat berbasis HOTS domain konten geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nurul Kholifatur Rosidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:28
Last Modified: 29 Jul 2024 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72629

Actions (login required)

View Item View Item