Pengaruh pengetahuan, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah di Bank Jatim Syariah KC Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Aida (2024) Pengaruh pengetahuan, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah di Bank Jatim Syariah KC Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Rachmawati_08020420039 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aida Rachmawati_08020420039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman akan diiringi dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Sehingga hal ini membuat setiap individu maupun keluarga harus memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. Solusi pendanaan merupakan suatu sarana alternatif bagi individu maupun keluarga yang mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu Gadai Emas iB Barokah yang merupakan suatu produk yang disediakan oleh lembaga keuangan syariah terutama Bank Jatim Syariah. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Pengetahuan, Promosi, dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan dan simultan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sedangkan untuk populasi pada penelitian ini adalah nasabah yang melakukan kegiatan transaksi di lembaga Bank Jatim Syariah KC Sidoarjo dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling yang berarti teknik pengambilan sampel berdasarkan kebutulan, sehingga siapa saja nasabah yang datang untuk bertransaksi dan kebetulan bertemu dengan pihak peneliti dapat digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Sehingga dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui maka sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus lameshow dan menghasilkan sebanyak 96 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25, adapun analisisnya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah. Sedangkan untuk variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah. Dan secara simultan Pengetahuan, Promosi, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah pada produk Gadai Emas iB Barokah. Berdasarkan penelitian ini diharapkan lembaga Bank Jatim Syariah dapat meningkatkan pengetahuan para nasabah dengan cara memperluas kegiatan promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan yang dimilikinya agar dapat menumbuhkan rasa minat dalam diri nasabah untuk menggunakan produk Gadai Emas iB Barokah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Aidaaidarachmawati67@gmail.com08020420039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Pengetahuan; Promosi; Kualitas Pelayanan; dan Minat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aida Rachmawati
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:56
Last Modified: 03 Aug 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72636

Actions (login required)

View Item View Item