Pesan akhlak dalam film pendek Ketika Tuhan Menyapa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithri, Rizqi Amilia (2024) Pesan akhlak dalam film pendek Ketika Tuhan Menyapa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqi Amilia Fithri_04020120061 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizqi Amilia Fithri_04020120061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah tentang pesan akhlak yang disampaikan dalam film pendek Ketika Tuhan Menyapa. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk memahamiebih dalam mengenai pesan akhlak yang ada di dalam film pendek Ketika Tuhan Menyapa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian teks media penelitian pendekatan analisis isi kuantitatif deskripstif. Metode analisis teks (textual analisist) dengan pendekatan analisis isi kuantitatif deskripstif. Dalam konteks ini, analisis isi semata untuk mendeskripsi, menggambarkan aspek-aspek dan karakterisktik sebuah pesan dakwah dalam obyek kajian yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini didapati beberapa pesan akhlak yang direpresentasikan melalui dialog dan adegan sebagai berikut: 1) Pesan akhlak mulia dalam kategori akhlak kepada Allah SWT (24%), akhlak kepada rasul (12%), dan akhlak sesama manusia (32%). 2) Pesan akhlak tercela meliputi kufur (4%), mengumpat (4%), membunuh (4%). Marah (4%) dan dhalim (16%). 3) Pada film Ketika Tuhan Menyapa, pesan akhlak terpuji lebih mendominasi yakni sebesar 68% dari total keseluruhan pesan akhlak yang ada dalam film pendek Ketika Tuhan Menyapa, sedangkan untuk pesan akhlak tercela memiliki persentase yang lebih rendah yakni 32% dari total keseluruhan pesan akhlak yang ada dalam film Ketika Tuhan Menyapa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithri, Rizqi Amiliarizqiamiliafithri@gmail.com04020120061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Akhlak; Film Religi; Analisis Isi; Akhlak Terpuji; Akhlak Tercela
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: - Rizqi Amilia Fithri -
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:32
Last Modified: 05 Aug 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72667

Actions (login required)

View Item View Item