Analisis akad ijārah al a’mal terhadap pemenuhan upah tenaga kerja divisi yakult lady : studi kasus PT Yakult ndonesia Persada Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulliya'a, Regita Eza (2024) Analisis akad ijārah al a’mal terhadap pemenuhan upah tenaga kerja divisi yakult lady : studi kasus PT Yakult ndonesia Persada Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Regita Eza Auliya'a_08020420070 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Regita Eza Auliya'a_08020420070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Yakult lady merupakan agen yang terikat dengan perusahaan PT Yakult Indonesia Persada yang bertugas untuk menjualkan produk yakult secara langsung kepada masyarakat pada area yang telah ditentukan oleh perusahaan. Namun terdapat isu mengenai PT Yakult Indonesia Persada yang menerangkan bahwa perusahaan ini melakukan eksploitasi kepada yakult lady. Isu yang berkembang antara lain tidak membayarkan upah atas tenaga kerja yang diberikan oleh yakult lady, mewajibkan yakult lady untuk membeli produk jika tidak memenuhi target, dan dikhawatirkannya adanya kesenjangan mengenai pembagian area penjualan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana sistem pemenuhan upah terhadap tenaga kerja divisi yakult lady pada PT Yakult Indonesia Persada Surabaya dan (2) Bagaimana pemenuhan upah terhadap tenaga kerja divisi yakult lady pada PT Yakult Indonesia Persada Surabaya ditinjau dari akad Ijārah Al A’mal?. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Penilitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitan yaitu pada Center Rungkut. Informan dalam penelitian ini adalah center coordinator dan tiga pekerja yakult lady. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode triangulasi sumber yaitu mendapatkan informasi dari beberapa sumber yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sistem pemberian upah didasarkan pada rata-rata produk yang dijual oleh yakult lady setiap bulannya kemudian dikalikan dengan harga pengali khusus yang ditetapkan oleh perusahaan. Pelaksanaan kesepakatan dilakukan secara terulis pada saat awal penerimaan yakult lady sebagai pekerja baru. PT Yakult Indonesia Persada dan yakult lady telah memenuhi rukun dan syarat sah akad Ijārah Al A’mal . Yakult lady bekerja dengan jujur, disiplin, tekun, dan memiliki komitmen terhadap perusahaan sehingga telah memenuhi kewajiban dalam bekerja. Perusahaan telah memberikan hak yakult lady berupa pemenuhan upah yang sesuai secara adil dan layak. Akad yang dijalankan oleh kedua belah pihak merupakan akad yang sempurna karena dijalankan dengan kerelaan tanpa ada paksaan dari salah satu pihak. Saran peneliti untuk perusahaan adalah meninjau ulang tentang pembagian area pada yakult lady sehingga akan meminimalisir timbulnya kesenjangan antara yakult lady satu dengan yang lainnya. Dan untuk yakult lady yang mendapatkan area yang sepi dihimbau untuk melakukan propaganda produk dan promosi lebih banyak lagi sehinggga diharapkan akan meningkatkan jumlah penjualan produk. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan objek lainnnya agar penelitian mengenai Ijārah Al A’mal semakin dikenal luas oleh masyarakat yang masih awam mengenai akad ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulliya'a, Regita Ezaezaauliya22@gmail.com08020420070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Nurul Fatmanurul.fatma.hasan@uinsby.ac.id2111078901
Subjects: Ekonomi Islam
Muamalat Muamalah
Sumber Daya Manusia
Keywords: Upah; Kontrak Kerja; Ijārah Al A’mal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Regita Eza Auliya'a
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:35
Last Modified: 12 Aug 2024 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72696

Actions (login required)

View Item View Item