Analisis pemberdayaan petani kopi excelsa dalam meningkatkan hasil produksi dan nilai jual kopi excelsa : studi pada Cv Rubath Indonesia Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Ananta Daru (2024) Analisis pemberdayaan petani kopi excelsa dalam meningkatkan hasil produksi dan nilai jual kopi excelsa : studi pada Cv Rubath Indonesia Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananta Daru Pratiwi_08020120029 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ananta Daru Pratiwi_08020120029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan dan penguatan kelembagaan petani merupakan proses perubahan pola pikir dengan mempersiapkan SDM petani menjadi profesional, baik dalam teknis budidaya (produksi), dalam pengolahan hasil, pemasaran dan pengelolaan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di CV Rubath Indonesia Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenai proses dan dampak pemberdayaan petani kopi excelsa dalam meningkatkan hasil produksi dan nilai jual kopi excelsa pada CV Rubath Indonesia. Hasil penelitian menyebutkan CV Rubath Indonesia memiliki dua program pemberdayaan, yaitu yang pertama edukasi petani kopi yang meliputi edukasi proses panen petik merah dan edukasi proses pasca panen sesuai standarisasi global. Yang kedua, berupa program rumah tangga tani yang terdiri dari bapak tani, ibu tani, dan anak tani. Dampak pemberdayaan yang dilakukan mampu menaikkan grade kualitas hasil produksi menjadi premium dan meningkatkan nilai jual kopi Excelsa yang awalnya Rp58.000 menjadi Rp70.000-Rp85.000. Saran untuk CV Rubath Indonesia sebagai UMKM yang melaksanakan pemberdayaan bagi petani kopi guna meningkatkan hasil produksi dan nilai jual kopi Excelsa diharapkan terus menggalakkan pengembangan kopi Excelsa Wonosalam dengan melihat potensinya yang besar maka dapat lebih dikembangkan pula proses digital marketingnya agar semakin banyak kalangan yang tahu keberadaan kopi Excelsa Wonosalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Ananta Daruanantadarup@gmail.com08020120029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsa.ac.id2006068101
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pengabdian Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; CV Rubath Indonesia; Petani Kopi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ananta Daru Pratiwi
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:26
Last Modified: 07 Aug 2024 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72701

Actions (login required)

View Item View Item