Pesan dakwah dalam serial animasi Upin & Ipin episode “Raya Penuh Makna”: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Shofiyatul (2023) Pesan dakwah dalam serial animasi Upin & Ipin episode “Raya Penuh Makna”: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyatul Fithriyah_B91219127.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shofiyatul Fithriyah_B91219127_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Shofiyatul Fithriyah, NIM. B91219127, 2023. Pesan Dakwah dalam Serial Animasi Upin & Ipin Episode “Raya Penuh Makna” (Analisis Semiotik Roland Barthes). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjawab rumusan masalah, yaitu Apa saja pesan dakwah dalam serial animasi Upin & Ipin episode raya penuh makna?”. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian dalam Serial Animasi Upin & Ipin Episode “Raya Penuh Makna” menunjukkan pesan dakwah dalam aspek aqidah dalam satu adegan, yakni mengenai malam Lailatul qadar yang sangat istimewa yang merupakan malam diturunkannya al-Qur’an. Pesan dakwah dalam aspek syariah ditunjukkan dalam tiga adegan seperti dalam adegan yang yang bermakna ibadah sholat berjamaah. Pesan dakwah dalam aspek akhlak yang terkandung berjumlah tujuh adegan, sebagai contoh yakni dalam adegan yang menunjukkan pesan toleransi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah dalam aspek akhlak lebih banyak terkandung dalam episode “Raya Penuh Makna” dibandingkan dengan aspek aqidah dan syariah. Peneliti berharap adanya penelitian lain yang mengkaji pesan dakwah dalam Serial Animasi Upin & Ipin Episode “Raya Penuh Makna” menggunakan teori danmetode analisis yang lain sehingga akan mendapat hasil penelitian yang bervariasi. Kata Kunci : Pesan dakwah, Analisis, Upin & Ipin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Shofiyatulfithriyah.shofi@gmail.comB91219127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Dakwah
Toleransi
Dongeng
Keywords: Pesan dakwah; analisis; Upin & Ipin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: shofiyatul fithriyah fithriyah
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:20
Last Modified: 07 Aug 2024 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72721

Actions (login required)

View Item View Item