Analisis pengembangan usaha berbasis ekonomi kreatif pada KUB Mampu Jaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat kampung Dolly kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Adinta (2024) Analisis pengembangan usaha berbasis ekonomi kreatif pada KUB Mampu Jaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat kampung Dolly kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinta Safitri_08020120024 OK.pdf

Download (916kB)
[img] Text
Adinta Safitri_08020120024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan usaha merupakan suatu tanggungjawab yang berasal dari para pengusaha yang memerlukan pemikiran lurus ke arah depan serta adanya dorongan untuk menciptakan sebuah kekreatifan dari kegiatan produktivitas yang sedang dilakukan. Saat mengembangkan usaha, para pelaku usaha harus mempunyai kreativitas serta berinovasi mulai dari produk itu sendiri sampai dengan proses pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengembangan usaha berbasis ekonomi kreatif serta tantangan dan peluang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kampung Dolly Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di KUB Mampu Jaya. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan usaha pada produk yang dikembangkan KUB Mampu Jaya saat memproduksi menyesuaikan dengan kondisi target dalam pemasaran. Saat jumlah penawaran mengalami penurunan, KUB Mampu Jaya mencari ide kreatif dengan berinovasi agar memajukan tingkat penjualan. Tantangan yang dihadapi ialah bagaimana menghapus stigma negatif mengenai kawasan ini yang sebelumnya dikenal sebagai pusatnya prostitusi, kendala dalam bahan baku yang terlambat saat proses pengiriman dan mesin yang digunakan. Sedangkan peluang yang didapatkan oleh masyarakat Kampung Dolly adalah masyarakat tidak menjadi pengangguran dan menambah tingkat pendapatan dari pekerjaan yang sedang dilakukan pasca penutupan lokalisasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak KUB Mampu Jaya agar dapat melakukan komunikasi secara lebih dengan bagian pemasok bahan baku dengan tujuan mengantisipasi bahan yang sering terkendala pada proses pengiriman yang terlambat. Selain itu, diharapkan dapat mencari solusi alternatif dengan cara menambah supplier agar lebih banyak dengan kualitas bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Adintaadintasafitri744@gmail.com08020120024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulHakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi
Keterampilan
Wirausaha
Sumber Daya Manusia
Tenaga Kerja
Keywords: pengembangan usaha; ekonomi kreatif; pendapatan masyarakat; Kampung Dolly.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Adinta Safitri
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:34
Last Modified: 12 Aug 2024 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72735

Actions (login required)

View Item View Item