Analisis implementatif strategi pemasaran PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Wilayah VI atas produktivitas pencapaian target 2019-2023 dengan metode SWOT dan QSPM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmaningrum, Dyah Ayu Sekar (2024) Analisis implementatif strategi pemasaran PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Wilayah VI atas produktivitas pencapaian target 2019-2023 dengan metode SWOT dan QSPM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ayu Sekar Sukmaningrum_08040420112.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dyah Ayu Sekar Sukmaningrum_08040420112_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

PT. Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa murni syariah yang memerlukan strategi baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan di tengah pertumbuhan industri Asuransi Syariah yang semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari strategi pemasaran defensif, offensive, turbo, dan zero recon yang diterapkan oleh PT. Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Wilayah VI dari tahun 2019 hingga 2023. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan implementasi strategi pemasaran tersebut dalam mencapai produktivitas targetnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi dengan beberapa narasumber. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis SWOT untuk mengevaluasi faktor-faktor internal dan eksternal, serta Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas strategi berdasarkan pada faktor-faktor tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PT. Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Wilayah VI mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran dari 2019 hingga 2023 untuk mencapai target produktivitas. Keberhasilan atau kegagalan strategi defensif, offensive, turbo, dan zero recon dipengaruhi oleh faktor internal seperti inovasi produk, teknologi informasi, dan konsistensi pelaksanaan, serta faktor eksternal seperti persaingan pasar dan perubahan ekonomi. Strategi defensif membantu mempertahankan pangsa pasar dan menekan biaya. Strategi offensive dan turbo menawarkan potensi pertumbuhan tinggi dengan investasi lebih besar. Strategi zero recon menjaga stabilitas keuangan melalui pengawasan ketat dan kontrol internal. Kombinasi strategi ini memungkinkan perusahaan beradaptasi dengan dinamika pasar dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmaningrum, Dyah Ayu Sekardyahayusekar12@gmail.com08040420112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Keywords: Strategi pemasaran; SWOT; QSPM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dyah Ayu Sekar Sukmaningrum
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:30
Last Modified: 28 Aug 2024 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72839

Actions (login required)

View Item View Item