Penerapan e-government dalam pelayanan publik masayarakat kota surabaya dalam perspektif good governance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumpono, Siti Mariyam Ayuningtiyas Yurike (2023) Penerapan e-government dalam pelayanan publik masayarakat kota surabaya dalam perspektif good governance. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yurike Siti Mariyam_02040422027.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yurike Siti Mariyam_02040422027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian dengan judul “Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya dalam Perspektif Good Governance”. Tesis ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya? dan 2. Bagaimana Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Surabaya dalam Perspektif Good Governance Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Good Governance dalam pengembangan pelayanan public. Penelitian ini dilakukan di pemerintah kota Surabaya lebih tepatnya di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya dan Ombudsman RI perwailan Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan realis dan sosilogical jurisprudence. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan e-government dalam pelayanan publik masyarakat Kota Surabaya dengan fokus pada perspektif good governance. Mengacu pada regulasi Perwali Surabaya No. 45 tahun 2022, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi e-government mendukung prinsip-prinsip good governance. Melalui metode penelitian hukum empiris, penulis menganalisis kebutuhan masyarakat, keamanan informasi, partisipasi masyarakat, dan kesiapan infrastruktur teknologi informasi. Penulis juga memeriksa efek sosial dan ekonomi dari penerapan e-government serta tingkat keterlibatan dan pemahaman masyarakat terhadap layanan-layanan digital. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang sejauh mana e-government di Kota Surabaya mencapai prinsip-prinsip good governance. Implikasi temuan ini diharapkan dapat memperkaya kebijakan pemerintah dalam memajukan sistem e-government yang transparan, akuntabel, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan model e-government yang mempromosikan good governance dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumpono, Siti Mariyam Ayuningtiyas Yurikeyurikesitimariyam7693@gmail.com02040422027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Anisanisfarida@uinsby.ac.id0706087202
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com2006027202
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: E-Government; pelayanan publik; good governance
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Yurike Siti Mariyam Ayuningtiyas Sumpono
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:32
Last Modified: 27 Aug 2024 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72846

Actions (login required)

View Item View Item