Pemberdayaan anak yatim Darul Falah melalui usaha handycraft sebagai upaya peningkatan kreativitas di Kampung Islam Kepaon Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suldiniani, Alifia Sasmi Putri (2024) Pemberdayaan anak yatim Darul Falah melalui usaha handycraft sebagai upaya peningkatan kreativitas di Kampung Islam Kepaon Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Sasmi Putri Suldiniani_04020220025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alifia Sasmi Putri Suldiniani_04020220025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian tentang pemberdayaan anak yatim melalui handycraft. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginisiasi upaya pemberdayaan anak-anak panti lewat Handycraft dengan maksud menaikkan kapasitas kreatifitas mereka. Penelitian ini berfokus kepada anak-anak panti sebagai subjek dari perubahan. Tempat penelitian ini terletak di Kampung Islam Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Data yang diperoleh melalui FGD (Focus Group Disscussion. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti lima tahap dalam metode 5-D dalam Appreciative Inquiry Artinya, menemukan dan mengenali potensi serta aset yang ada (discovery), membangun mimpi (dream), merencanakan strategi program untuk mewujudkan aspirasi dan impian (design), pelaksanaan tindakan/aksi yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan (define), monitoring dan evaluasi (destiny). Analisis keberhasilan program dalam penelitian ini dari hasil pendampingan, terlihat sejumlah perubahan, termasuk peningkatan keterampilan serta pengeksplorasian kreativitas anak-anak panti melalui pembuatan aneka kerajinan, seperti tasbih dari manik mutiara, telunjuk ngaji, gelang, kalung, dan cincin dari manik-manik. Selain itu, terdapat pembentukan kelompok sebagai bagian dari langkah nyata untuk mewujudkan cita-cita mereka sebagai wirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suldiniani, Alifia Sasmi Putrialifia.sasmi.putri@gmail.com04020220025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Masyarakat Islam
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi kreatif; kerajinan tangan handycraft; peningkatan kreativitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alifia Sasmi Putri Suldiniani
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:10
Last Modified: 27 Aug 2024 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72874

Actions (login required)

View Item View Item