Strategi komunikadi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam sosialisasi program kartanu di Desa Jeruklegi Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Nurul Fatimatus (2023) Strategi komunikadi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam sosialisasi program kartanu di Desa Jeruklegi Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fatimatus Rif'ah_B75219071 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Fatimatus Rif'ah_B75219071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bagi sebuah organisasi, strategi komunikasi menempati posisi penting dalam proses interaksi yaitu sosialisasi yang dilakukan IPNU IPPNU untuk memberikan informasi mengenai Program Kartanu kepada masyarakat, guna mencapai tujuan dari organisasi itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan IPNU IPPNU dalam melakukan sosialisasi program Kartanu dan faktor penghambat yang dialami oleh IPNU IPPNU dalam penerapan strategi komunikasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang gunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam penelitian ini teori yang pilih ialah teori rencana. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi komunikasi IPNU IPPNU dalam sosialisasi diawali dengan perencanaan dengan menganalisa lapangan terlebih dahulu, melakukan sosialisasi dalam skala kecil, mempersiapkan dan menyediakan fasilitas pendukung, dan menggunakan komunikasi verbal. Temuan lain yang penulis dapatkan yaitu adanya hambatan pada penerapan strategi komunikasi yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, Nurul Fatimatusnurulfatrifah@gmail.comB75219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Ilmu Komunikasi
Organisasi Masyarakat
Keywords: Strategi komunikasi; sosialisasi; organisasi; IPNU IPPNU.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: nurul fatimatus rif'ah
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:23
Last Modified: 27 Aug 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72892

Actions (login required)

View Item View Item