Analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan di Kedai Kopi Hitam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarif, Naufal Nawa (2024) Analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan di Kedai Kopi Hitam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Nawa Syarif_C92219128 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Naufal Nawa Syarif_C92219128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang terdapat dalam dua rumusan masalah: bagaimana praktik pengupahan karyawan pada kedai kopi hitam kecamatan bangil Kabupaten Pasuruan; dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan karyawan di kedai kopi hitam kecamatan bangil Kabupaten Pasuruan.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kedai Kopi Hitam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pola pikir deduktif. Metode ini bertujuan menyusun secara sistematis sehingga diperoleh hasil penelitian terkait praktik pengupahan karyawan di Kedai Kopi Hitam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, kemudian dianalisis menggunakan teori hukum Islam yaitu akad ijārah.Hasil dari penelitian ini adalah perjanjian sewa jasa atau kontrak kerja antara karyawan dan pemilik kedai kopi hitam kecamatan bangil Kabupaten Pasuruan telah memenuhi beberapa dari rukun dan syarat ijārah. Namun pada syarat Ījāb dan qabūl belum terpenuhi secara sempurna, karena adanya pemotongan upah secara sepihak oleh pemilik kedai pada saat tidak memenuhi target harian tidak dijelaskan pada saat Ījāb dan qabūl. Maka dengan adanya syarat dari Ījāb dan qabūl yang belum terpenuhi tidak melanggar hukum Islam dalam akad ijārah, dikarenakan dalam terjadinya Ījāb dan qabūl dilakukan atas dasar kerelaan kedua belah pihak. Sehingga dikatakan sesuai dengan hukum Islam.Berdasarkan kesimpulan di atas, Penulis menyarankan agar pemilik kedai memberikan penjelasan secara rinci dalam perjanjian tentang sistem kerja di kedainya, sehingga karyawan memahami sistem kerja secara menyeluruh. Pemilik kedai juga disarankan untuk memperhatikan hak-hak karyawannya dan tidak mengabaikannya, mengingat karyawan telah memberikan usaha maksimal dalam pekerjaan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarif, Naufal Nawanopalnawa1927@gmail.comC92219128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Hukum Islam; Ijarah; Kedai kopi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Naufal Nawa Syarif
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:38
Last Modified: 02 Sep 2024 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73010

Actions (login required)

View Item View Item