Pemenuhan hak anak korban penelantaran orang tua di UPTD Kampung Anak Negeri Kec. Rungkut, Kota Surabaya perspektif filsafat hukum positif dan maqasid al shari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafaiyah, Laili (2024) Pemenuhan hak anak korban penelantaran orang tua di UPTD Kampung Anak Negeri Kec. Rungkut, Kota Surabaya perspektif filsafat hukum positif dan maqasid al shari’ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Syafaiyah_05020120059.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Laili Syafaiyah_05020120059_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena anak jalanan dan terlantar yang kerap kita jumpai di kota-kota besar seperti Surabaya yang tidak ada habisnya dari tahun ke tahun. Fokus dari penelitian ini adalah pemenuhan hak anak korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri yang merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk menangani kasus anak jalanan dan terlantar. Penelitian ini memuat tiga permasalahan yang ingin dikaji yakni terkait dengan kewajiban orang tua terhadap anak korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri Kec. Rungkut Kota Surabaya selanjutnya mengenai pemenuhan hak terhadap anak korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri Kec. Rungkut Kota Surabaya dan yang terakhir adalah menganalisis dari pandangan hukum islam dan hukum positif terhadap pemenuhan hak anak korban penelantaran orang tua di UPTD Kampung Anak Negeri Kec. Rungkut Kota Surabaya. Penelitin ini termasuk dalam jenis penelitian hukum empiris yang berorientasi pada pengumpulan data empiris (lapangan) dengan tujuan untuk menggabungkan pendekatan yuridis atau hukum dengan pendekatan empiris atau berbasis data. Penelitian ini menggunakkan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, pertama melalui wawancara dengan petugas atau pengelola UPTD Kampung Anak Negeri dan anak-anak yang menjadi korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri. Kedua untuk memperoleh data sekunder dengan menggunakan dokumen terkait yang berhubungan dengan Penelantaran anak di UPTD Kampung anak Negeri. Hasil dari penelitian ini mendapatkan tiga kesimpulan, yaitu: (1) orang tua anak korban penelantaran tetap melakukan kewajibannya berupa melakukan kunjungan dan memberikan nafkah berupa uang saku tambahan, (2) upaya pemenuhan hak anak korban penelantaran orang tua di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya dilaksanakan melalui beberapa prosedur diantaranya penerimaan, registrasi, intervensi, evaluasi dan monitoring, dan (3) program-program upaya pemenuhan hak anak korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya berdasar dengan pola teori positivisme yang menempatkan permasalahan sebagai objek yang dapat digeneralisasikan untuk diprediksi dan direduksi menjadi unsur yang saling berkaitan dalam pemenuhan hak anak, meski dalam pelaksanaannya masih banyak kendala. Pemenuhan hak anak korban penelantaran orang tua selaras dengan lima unsur Maqa>si}d al-shari>’ah yang berlaku di Indonesia yakni H}ifz} al-di>n, H}ifz} al-nafs, H}ifz} al-‘aql, dan H}ifz} al-ma>l, dan H{ifz{ al-‘ird. namun tidak memenuhi dua unsur dari maqa>si}d al-shari>’ah h}ifz} al-nasl (melindungi keturunan/Nasab) dan h}ifz} bi’ah (menjaga lingkungan). Sementara upaya yang dilaksanakan termasuk dalam kemaslahatan yang bersifat d}aru>riya>t.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafaiyah, LailiLailisyafa32@gmail.com05020120059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Anak
Hukum > Filsafat
Hukum Islam > Filsafat
Keywords: Anak korban penelantaran di UPTD Kampung Anak Negeri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Laili Syafaiyah
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:26
Last Modified: 29 Aug 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73025

Actions (login required)

View Item View Item